Jaringan Informatika atau kita sebut komputer (jaringan) adalah jaringan telekomunikasi yang memungkinkan antar komputer untuk saling bertukar data. Tujuan dari jaringan komputer adalah agar dapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service).  Pihak yang meminta/menerima layanan disebut klien (client) dan yang memberikan/mengirim layanan disebut peladen (server). Desain ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer. Dua buah komputer yang masing-masing memiliki sebuah kartu jaringan, kemudian dihubungkan melalui kabel maupun nirkabel sebagai medium transmisi data, dan terdapat perangkat lunak sistem operasi jaringan akan membentuk sebuah jaringan komputer yang sederhana. Apabila ingin membuat jaringan komputer yang lebih luas lagi jangkauannya, maka diperlukan peralatan tambahan seperti Hub, Bridge, Switch, Router, Gateway sebagai peralatan interkoneksinya.

Mobile informatics yang kita sebut Informatika bergerak adalah Teknologi Informasi dan Komunikasi, adalah payung besar terminologi yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi. TIK mencakup dua aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sedangkan teknologi komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya. Oleh karena itu, teknologi informasi dan teknologi komunikasi adalah dua buah konsep yang tidak terpisahkan. Jadi Teknologi Informasi dan Komunikasi mengandung pengertian luas yaitu segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, pemindahan informasi antar media. Istilah TIK muncul setelah adanya perpaduan antara teknologi komputer (baik perangkat keras maupun perangkat lunak) dengan teknologi komunikasi pada pertengahan abad ke-20. Perpaduan kedua teknologi tersebut berkembang pesat melampaui bidang teknologi lainnya. 

Media dan data Informatika merupakan data multimedia, istilah multimedia  adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi, audio dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Multimedia sering digunakan dalam dunia informatika. Selain dari dunia informatika, multimedia juga diadopsi oleh dunia game, dan juga untuk membuat website. Multimedia dimanfaatkan juga dalam dunia pendidikan dan bisnis. Di dunia pendidikan, multimedia digunakan sebagai media pengajaran, baik dalam kelas maupun secara sendiri-sendiri atau otodidak. Di dunia bisnis, multimedia digunakan sebagai media profil perusahaan, profil produk, bahkan sebagai media kios informasi dan pelatihan dalam sistem e-learning. Pada awalnya multimedia hanya mencakup media yang menjadi konsumsi indra penglihatan (gambar diam, teks, gambar gerak video, dan gambar gerak rekaan/animasi), dan konsumsi indra pendengaran (suara) dan juga berupa ( berwujud). Dalam perkembangannya multimedia mencakup juga kinetik (gerak) dan bau yang merupakan konsumsi indra penciuman. Multimedia mulai memasukkan unsur kinetik sejak diaplikasikan pada pertunjukan film 3 dimensi yang digabungkan dengan gerakan pada kursi tempat duduk penonton. Kinetik, dan film 3 dimensi membangkitkan sense realistis. Bau mulai menjadi bagian dari multimedia sejak ditemukan teknologi reproduksi bau melalui telekomunikasi. Dengan perangkat input pendeteksi bau, seorang operator dapat mengirimkan hasil digitizing bau tersebut melalui internet. Komputer penerima harus menyediakan perangkat output berupa mesin reproduksi bau. Mesin reproduksi bau ini mencampurkan berbagai jenis bahan bau yang setelah dicampur menghasilkan output berupa bau yang mirip dengan data yang dikirim dari internet. Dengan menganalogikan dengan printer, alat ini menjadikan feromon-feromon bau sebagai pengganti tinta. Output bukan berupa cetakan melainkan aroma.

Semester I

 

 

Kode Baru

Nama Mata Kuliah

SKS

Mata Kuliah Prasyarat 3)

Kelompok Mata Kuliah

 
 

UNI102

Agama / Religion

2

 

MPK

 

UNI104

Bahasa Inggris 1 / English 1

3

 

MPK

 

TIF102

Kalkulus 1 / Calculus 1 for IT

2

 

MKK

 

TIF101

Sirkuit Elektronik / Electronic Circuits

3

 

MKK

 

FTK101

Algoritma dan Pemrograman / Algorithm and Programming1)

4

 

MKK

 

TIF108

Aljabar Linier / Linear Algebra

2

 

MKK

 

TIF107

Pengantar Teknologi Informasi / Introduction to Information Technology1)

3

 

MKK

 

Total SKS

19

 

 

 

Semester II

 

 

Kode Baru

Nama Mata Kuliah

SKS

Mata Kuliah Prasyarat 3)

Kelompok Mata Kuliah

 
 

UNI204

Bahasa Inggris 2 / English 2

3

UNI104

MPK

 

TIF103

Matematika Diskrit / Descrete Mathematics

3

 

MKK

 

TIF104

Kalkulus 2 / Calculus 2 for IT

2

TIF102

MKK

 

TIF109

Struktur Data / Data Structure1)

3

 

MKK

 

FTK102

Statistika Deskritif / Descriptive Statistics

2

 

MKK

 

TIF106

Konsep Sistem Informasi / Concept of Information Systems

3

 

MKK

 

FTK103

Pemrograman Visual / Visual Programming1)

3

FTK101

MKB

 

Total SKS

19

 

 

 

Semester III

 

 

Kode Baru

Nama Mata Kuliah

SKS

Mata Kuliah Prasyarat 3)

Kelompok Mata Kuliah

 
 

FTK201

Statistika Probabilistik / Probabilistic Statistics

2

FTK102

MKK

 

TIF206

Sistem Operasi / Operating Systems1)

3

TIF109

MKB

 

TIF207

Komunikasi Data / Data Communications

3

 

MKK

 

TIF211

Leadership and Management for IT Engineer

3

 

MKK

 

TIF203

Sistem Dijital / Digital Systems

4

TIF101

MKK

 

FTK203

Sistem Basis Data / Database Systems1)

3

TIF109

MKB

 

UNI103

Kewarganegaraan / Citizenship

2

 

MPK

 

Total SKS

20

 

 

 

Semester IV

 

 

Kode Baru

Nama Mata Kuliah

SKS

Mata Kuliah Prasyarat 3)

Kelompok Mata Kuliah

 
 

FTK202

Effectual Enterpreneurship

3

TIF311

MKK

 

TIF204

Sistem Basis Data Lanjut / Advanced Database Systems1)

3

FTK203

MKB

 

FTK205

LAN and Wireless1)

3

TIF207

MKB

 

TIF208

Proses Sinyal Dijital / Digital Signal Processing

3

TIF104,108

MKK

 

TIF209

Arsitektur dan Organisasi Komputer / Computer Architecture and Organization

3

TIF203

MKB

 

TIF210

Informatika Sosial / Social Informatics

2

 

MBB

 

FTK206

Pemrograman Berorientasi Objek / Object Oriented Programming1)

3

FTK101

MKB

 

Total SKS

20

 

 

 

Semester V

 

 

Kode Baru

Nama Mata Kuliah

SKS

Mata Kuliah Prasyarat 3)

Kelompok Mata Kuliah

 
 

TIF310

Interpersonal Skills

2

 

MBB

 

FTK302

Technopreneurship

2

 

MKK

 

TIF301

Routing Protocols and Concepts1)

3

FTK205

MKB

 

TIF302

Pengantar Intelejensi Artifisial / Introduction to Artificial Intelegence

3

FTK101

MKK

 

FTK301

E-Business dan Pemrograman Berbasis Web / E-Business and Web-based Programming1)

3

FTK101

MKK

 

TIF311

Sistem Multimedia / Multimedia System

3

TIF208

MKB

 

TIF305

Pemodelan dan Simulasi Jaringan / Network Modelling and Simulation

3

FTK205

MKB

 

Total SKS

19

 

 

 

Semester VI

 

 

Kode Baru

Nama Mata Kuliah

SKS

Mata Kuliah Prasyarat 3)

Kelompok Mata Kuliah

 
 

TIF312

IT Project Management

3

 

MKK

 

FTK303

Rekayasa perangkat Lunak / Software Engineering

3

 

MKB

 

TIF306

Wide Area Network (WAN)1)

3

TIF301

MKB

 

-

Pilihan Major 1 / Major Elective 1

3

 

MKB

 

-

Pilihan Minor 1 / Minor Elective 1

3

 

MKB

 

TIF307

Komunikasi Nirkabel / Wireless Communication

3

TIF207

MKB

 

TIF309

Sistem Terdistribusi / Distributed System

3

FTK203

MKB

 

Total SKS

21

 

 

 

Semester VII

 

 

Kode Baru

Nama Mata Kuliah

SKS

Mata Kuliah Prasyarat 3)

Kelompok Mata Kuliah

 
 

TIF401

Keamanan Teknologi Informasi / IT Security

3

FTK205

MKB

 

TIF402

Interaksi Manusia dan Komputer / Human-Computer Interaction

3

TIF206

MKB

 

FTK401

Metode Penelitian / Research Methods

3

 

MKB

 

FTK402

Magang / Internship2)

3

 

MPB

 

UNI101

Bahasa Indonesia

2

 

MPK

 

-

Pilihan Major 2 / Major Elective 2

2

 

MKB

 

-

Pilihan Minor 2 / Minor Elective 2

2

 

MKB

 

Total SKS

18

 

 

 

Semester VIII

 

 

Kode Baru

Nama Mata Kuliah

SKS

Mata Kuliah Prasyarat 3)

Kelompok Mata Kuliah

 
 

FTK403

Etika Profesi dan Hak Kekayaan Intelektual / Professional Ethics and Intelectual Properties

2

 

MPB

 

TIF403

Tugas Akhir / Thesis

6

FTK401

MKB

 

Total SKS

8

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

TOTAL SKS YANG HARUS DIAMBIL

144

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kode Baru

Nama Mata Kuliah Pilihan 1

SKS

Mata Kuliah Prasyarat

Kelompok Mata Kuliah

 

TIF353

Pemrograman Sistem Mobile1)

3

 

MKB

 

TIF354

Data Warehouse dan Mining/ Data Warehouse and Mining1)

3

 

MKB

 

TIF356

Pengolahan Citra / Image Processing

3

TIF208, 311

MKB

 

TIF351

Sistem Informasi Manajemen / Management Information Systems1)

3

 

MKB

 

TIF352

Tata Kelola Sistem Informasi / IS Governance

3

TIF106

MKB

 

TIF357

Ethical Hacking

3

 

MKB

 

TIF358

Manajemen Jaringan/ Network Management

3

 

MKB

 

Kode Baru

Nama Mata Kuliah Pilihan 2

SKS

Mata Kuliah Prasyarat

Kelompok Mata Kuliah

 

TIF452

Rekayasa Ilmu/ Knowledge Engineering

2

 

MKB

 

TIF451

Analisis Perancangan Sistem Informasi / Information System  Analysis and Design1)

2

 

MKB

 

TIF453

Advanced Ethical Hacking

2

 

MKB

 

TIF454

Mobile Computing

2

 

MKB

 

TIF456

Computer Vision

2

TIF356

MKB

 

TIF455

Advanced Broadband Networking

2

 

MKB

 

1) Termasuk praktikum

 

 

 

 

 

2) Dilaksanakan antara semester 6 & 7 selama 3 bulan

 

 

 

 

 

3) Mata kuliah prasyarat harus minimal "C"

 

 

 

 

 

 

VISI :

Menjadi program studi unggulan dan pusat pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi berwawasan global di bidang Informatika yang dapat menghasilkan tenaga profesional unggul dengan keahlian dalam Informatika Media, Informatika Data, Informatika Bergerak dan Jaringan Komputer melalui experiential learning.

MISI :

  1. Menghasilkan lulusan dengan kompetensi yang tinggi dalam desain dan aplikasi teknologi Informatika Media, Informatika Data, Informatika Bergerak dan Jaringan Komputer.
  2. Menerapkan sistem pendidikan tinggi berstandar internasional.
  3. Memfasilitasi kegiatan penelitian dan pengembangan melalui kerjasama nasional dan internasional.
  4. Menyelengarakan riset ungulan melalui kerjasama lembaga riset dalam negeri maupun luar negeri.
  5. Memberikan pengetahuan, keterampilan dan kewirausahaan melalui pendidikan kreatif dan inovatif.
  6. Menghasilkan lulusan dengan kepribadian yang baik, berintegritas tinggi, memiliki kualitas jiwa kepemimpinan, kerjasama tim melalui experiential learning dengan semangat nasionalisme.
  7. Menyelenggarakan pendidikan Informatika secara profesional melalui sistem pendidikan tinggi yang terencana dan terintegrasi, terangkum dalam kurikulum yang unik dan selalu mengikuti perkembangan zaman.
  8. Menyelenggarakan program pendidikan tinggi di bidang Informatika yang ikut mencerdaskan bangsa, memelihara kesatuan dan persatuan, dan menjamin kebebasan akademik yang bertanggung jawab berlandaskan integritas keilmuan dan kepakaran.
  9. Menghasilkan lulusan yang mandiri, berbudi luhur, dan mampu menerapkan etika profesi baik di lingkup nasional maupun internasional.
  10. Melaksanakan penelitian dan pengembangan inovasi teknologi tepat guna dalam bidang Informatika.