fbpx

UBPRENEUR UNIVERSITAS BAKRIE DIPERCAYA MEMBINA 6 STARTUP PROGRAM PPBT 2019 RISTEK-DIKTI

Direktorat Penguatan Inovasi Kementerian Ristek-Dikti telah mengumumkan 56 inkubator bisnis teknologi dan 256 startup/tenant penerima hibah pendanaan program Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (PPBT) tahun 2019, dan inkubator bisnis

Universitas Bakrie (UBpreneur) dipercaya untuk meng-inkubasi/membina 6 startup/tenant.

 Ke-enam tenant tersebut adalah:

  1. CATALYST/Ka.Ta.Mo

(Tahun ke-2; Kategori Teknologi Pangan; Penyedia bibit dan tepung singkong mocaf unggulan; CEO: Leni Siswati)

  1. ECODOE

(Tahun ke-2; Kategori Teknologi Informasi dan Komunikasi; Digital Platform/E-Commerce untuk pembuatan souvenir yang membina lebih dari 270 pengrajin lokal; CEO: Larasati Widyaputri)

  1. JETSCHOOL

(Tahun ke-2; Kategori Teknologi Informasi dan Komunikasi; Mobile Application untuk administrasi dan pelayanan siswa di sekolah SD, SMP dan SMA; CEO: Najib Yusuf)

  1. RUANG BAHASA

(Tahun ke-1; Kategori Teknologi Informasi dan Komunikasi; Digital Platform/E-Commerce untuk layanan penerjemahan yang melayani 27 bahasa asing. Saat ini memiliki puluhan penerjemah yang terdaftar; CEO: Chandra Putra)

  1. SUKA GRAFIS

(Tahun ke-1; Kategori Teknologi Informasi dan Komunikasi; Digital Platform/E-Commerce untuk layanan desain grafis; CEO: Hafiizh/Galuh Reflin)

  1. YOOREKA

(Tahun ke-1; Kategori Teknologi Informasi dan Komunikasi; Digital Platform/Portal sebagai media informasi bagi anak muda; CEO: Zahfran Siddieq)

UBpreneur, Inkubator Bisnis Universitas Bakrie, untuk ketiga kalinya sejak 2017, dipercaya menjalankan inkubasi bisnis (membina/meng-inkubasi) bagi startup/tenant yang didanai Kementerian Ristek-Dikti. Tahun 2017 meng-inkubasi 1 tenant program PPBT, tahun 2018 meng-inkubasi 4 tenant,  dan tahun 2019 meng-inkubasi 6 tenant(3 tenant diantaranya menjalankan inkubasi tahun ke-2).

 

Program akan dimulai pada bulan Maret 2019. Pendamping dari setiap startup tidak diperbolehkan lagi dari dosen/peneliti/ASN karena diwajibkan menyediakan waktu 20 jam per minggu. Pendamping dari UBpreneur yang sudah disiapkan saat ini berasal dari mahasiswa MM-UB dan alumni Prodi Manajemen Universitas Bakrie. Para Ahli/Profesional/Dosen akan diminta bantuannya sebagai Mentor. Nilai pendanaan bagi keenam tenant  tersebut masih akan dievaluasi oleh RistekDikti, diperkirakan disekitar 1,4-1,8 M.