fbpx

Dua Mahasiswa Manajemen Universitas Bakrie Mewakili Indonesia di ASEAN YOUTH SUMMIT 2015

Pada tanggal 23 hingga 26 Januari 2015, dua mahasiswa Manajemen Universitas Bakrie, Fatikha Rafika Sari Diwirja (Manajemen 2012) dan Arta Sasmita (Manajemen 2013) mewakili di ajang tahuan konferensi pemuda tingkat ASEAN yang bertemakan “Empowering the ASEAN Youth Towards a Greater ASEAN Community”.

Kegiatan ini diikuti Sekitar 200 peserta mahasiswa Filipina dan internasional telah menghadiri kegiatan ini, termasuk 12 orang mahasiswa Indonesia. Kegiatan yang pertama kali dilaksanakan oleh DLSU ini rencananya akan menjadi konferensi internasional tahunan yang bertujuan untuk menghadirkan perwakilan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi negara anggota ASEAN guna membangun dialog dan diskusi, serta memperkuat aliansi kaum muda ASEAN dalam menghadapi Komunitas ASEAN 2015, khususnya terkait dengan isu di bidang media, kewirausahaan dan lingkungan hidup.  Acara ini diisi oleh pembicara-pembicara dari masing-masing bidang. Yakni, KBRI Manila yang diwakili oleh Sekretaris Kedua Fungsi Sosial Budaya, Ade Petranto,  telah memaparkan mengenai upaya-upaya Indonesia untuk meningkatkan kesadaran, partisipasi dan peningkatan kualitas kaum muda Indonesia yang memiliki proporsi sekitar setengah dari total populasi, dalam persiapan menghadapi Komunitas ASEAN. Upaya ini merupakan upaya bersama pemerintah dan civil society serta pemangku kepentingan lainnya di Indonesia.

Selain Ade Petranto, ada juga Rosalinda Dimapillis Baldoz (Secretary Department of Labor and Employment); Loren Legarda (Senator Filipina) ; Dr. Shanaka Jayanath Peiris yang merupakan perwakilan dari IMF; Dr. William G. Padolina (Presiden National Academy of Science and Technology); Neil Soria (President ASEAN Youth Leaders’ Association) ; dan Mr Julios S. Amador III (perwakilan Foreign Service Institute) . Acara yang berlangsung selama 3 hari ini dilaksanakan di De La Salle University -Manila, Hotel H20, Nayong Pilipino - Clark Expo. Hari Pertama dan kedua berisi seminar oleh para pembicara, focus discussion Group, dan MUN (Model of United Nation). Sedangkan dihari ketiga diisi dengan aktivitas luar yakni games interaktif yang dilaksanakan di Nayong Pilipino- Clark Expo dan malamnya  adalah culminating night di Hotel H2O.