fbpx

BePRO Raih Juara 3 Lomba Party of Public Relations

Sebuah perusahaan tentunya memiliki strategi dalam menangani permasalahan yang didahapi. Berbagai stragei digunakan untuk memperbaiki kualitas perusahaan. Hal ini yang menjadi dasar mahasiswa bisa memahami konsep ini dalam pendidikan untuk selanjutnya bisa diterapkan dalam

dunia kerja. Untuk memahami konsep ini, tiga mahasiswa dari Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie mengikuti lomba ditingkat nasional yaitu Party of Public Relations (POP) yang digelar pada 24 April 2019 di Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Mereka adalah mahasiswa peminatan  Komunikasi Korporat, yaitu Jesica Kumala Atmadja, Marliani Devita dan Nadya Ayuningtyas Nabilla, yang tergabung dalam BePRO. Mereka berhasil meraih juara 3. Pada ajang ini peserta dituntut dapat memberikan strategi penanganan krisis perusahaan. Juri memilih salah satu perusahaan nasional untuk dijadikan studi kasus. Strategi penanganan krisis yang ditawarkan harus mengacu kepada kebutuhan industri Public Relations4.0.

Bagi BePRO, kemenangan dalam lomba studi kasus tidak terlepas dari proses pembelajaran di Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie. Dengan metode pembelajaran experiential learningsangat membantu mahasiswa mengasah pemahaman konsep dan skill.

Nadya Ayuningtyas Nabilla mewakili Tim BePro menerima penghargaan dari Juri

Proses penilaian dilakukan dalam beberapa tahap, mulai dari pengumpulan proposal yang dilakukan secaraonlinehingga presentasi dihadapan juri. Juri  terdiri dari praktisi dan dosen dibidang Public Relations. Tim peserta hanya diberikan waktu 30 menit untuk mempertahankan usulan strategi komunikasi.“Grogi sih pasti ada….sedikit. Tapi kita sudah biasa di kelas melakukan hal seperti ini. Bikin proposal, presentasi dan ditanya langsung oleh dosen yang memilki backgroundpraktisi. Apalagi dosen suka membawa kita visitke konsultan PR atau perusahaan jadi kita bisa tahu real case-nya di lapangan,” kata Nadya Ayuningtyas Nabilla. Dalam babak final tersebut hanya 6 tim dari berbagai universitas di Indonesia yang lolos. Tim BePro mengungguli tim dari Universitas Padjajaran Bandung dan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Diharapkan dengan prestasi yang diraih oleh ketiganya mampu memotivasi mahasiswa lain dalam untuk berpretasi dibanyak kesempatan. Melalui metode experiential learning, Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie berharap mahasiswa Ilmu Komunikasi terus berkembang baik secara akademik maupun praktis.