fbpx

Diskusi Tentang Peminatan dan Magang di Circle Talk

Jakarta (3/6/2017) – Ikatan alumni Prodi Ilmu Komunikasi yang bernama Circle Communication (CircleComm) kembali mengadakan Circle Talk. Acara ini merupakan salah satu dari program kerja dari Circle Comm. Circle Talk adalah acara diskusi bersama yang dilakukan bersama alumni Prodi Ilmu Komunikasi. Acara tersebut berlangsung, Sabtu(3/6/2017) di ruang 7 Universitas Bakrie.

Terdapat dua sesi dalam Circle Talk kali ini. Sesi pertama bertemakan “Tentukan Peminatan Sesuai Minatmu,” sesi ini ditujukan bagi mahasiswa angkatan 2016 yang saat semester tiga akan memilih peminatan. Tiga pembicara perwakilan alumni dari masing-masing peminatan dihadirkan untuk dapat memberikan arahan bagi mahasiswa angkatan 2016 tetang peminatan yang ada di Prodi Ilmu Komunikasi. Perwakilan dari Corporate Communication angkatan 2011 adalah Ahmad Wildan, perwakilan dari Jurnalistik angkatan 2012 adalah Nursita Sari dan perwakilan dari Marketing Communication angkatan 2011 adalah F Addil. Dengan moderator Fakhri Aditya peminatan Marketing Communication angkatan 2011 suasana Circle Talk pada sesi peminatan terasa fun dan santai, sehingga pemahaman tentang peminatan mudah dicerna oleh mahasiswa.

Pembicara Angkatan 2013 pada Sesi Peminatan

Sesi yang berlangsung dari pukul 09.00-11.30 ini juga turut mengundang mahasiswa angakatan 2013 untuk memberikan pemahaman tentang apa saja yang dipelajari oleh masing-masing peminatan. Ada empat perwakilan yang hadir yaitu Richard perwakilan dari peminatan Marketing Communication, Nahdila Alicia perwakilan dari peminatan Corporate Communication serta Mochamad Haqi dan Viviet Sandra perwakilan dari peminatan Jurnalistik.

Peserta Circle Talk Sesi Peminatan

Peserta yang merupakan mahasiswa angkatan 2016 merasa senang dengan diadakannya Circle Talk ini. Mereka menjadi lebih paham tentang tiga peminatan yang ada serta dapat membantu mereka untuk memilih peminatan mana yang sesuai dengan minat mereka.

“Acaranya seru banget, disini kita dapet banyak pengalaman dari kakak alumni dan bisa menentukan nanti kita mau ngambil peminatan apa,” ungkap Rayhan, peserta Circle Talk.

Pembicara Alumni pada Sesi Magang

Selanjutnya sesi kedua dari acara Circle Talk ini bertemakan Internship 101, sesi ini ditujukan bagi mahasiswa angkatan 2014 yang pada semsester tujuh nanti akan menjalani kegiatan magang. Sama seperti sesi sebelumnya, sesi tentang magang ini pun menghadirkan tiga orang perwakilan alumni dari masing-masing peminatan. Ada Firsta Putri dari peminatan Jurnalitsik 2010, Riyantisa F dari Corporate Communication 2011 dan Cynthia S peminatan Marketing Communication 2011. Sesi ini dipandu oleh Ridwan Aji yang merupakan alumni peminatan Jurnalistik 2011. Pada sesi ini pembicara berbagi tips memilih tempat magang, bagaimana keadaan lingkungan di dunia magang serta menceritakan tentang pengalamannya saat menjalani kegiatan magang.

Sesi kedua tentang peminatan ini memberikan dampak yang positif kepada peserta. Peserta mendapatkan banyak ilmu dan juga referensi dalam menghadapi magang nantinya.

Peserta Circle Talk Sesi Magang

Circle Comm bermanfaat banget karena aku mau magang jadi butuh referensi tentang aplikasi magang yang baik dan benar seperti apa, apa yang harus disiapkan, bagaimana menghadapi wawancara dengan HRD, terus dikasih tau juga bagamana nanti kita bersikap saat magang,” ungkap Arum, peserta Cicrle Talk.

Acara Circle Talk ini diharapkan dapat memberikan pemahaman tentang peminatan bagi mahasiswa angkatan 2016 sehingga mereka dapat memilih peminatan sesuai dengan minat yang dimilikinya dan juga pemahaman mengenai kegiatan magang bagi mahasiswa angkatan 2014.

“Untuk sesi magang semoga ini bisa jadi bekal buat mahasiswa sebagai tahap menuju profesional, untuk sesi peminatan supaya pengetahuannya lebih terisi sehingga mereka mantap pilih peminatan,” jelas Nelly, Ketua Circle Comm saat dijumpai di Universitas Bakrie, Sabtu (3/6/2017).

Penulis: Viviet Sandra Bailussy.