HIPPOCAMPUS: Perkenalan Ilmu Politik Kepada Siswa-Siswi SMA dengan Cara yang Menyenangkan

Kumpulan mahasiswa Ilmu Politik Universitas Bakrie yang tergabung dalam Foreign Policy Community Local Chapter Universitas Bakrie bekerja sama dengan Generasi Melek Politik mengadakan acara open house program studi Ilmu Politik Universitas Bakrie yang bertajuk “HIPPOCAMPUS: Hubungan Internasional – Public Policy Open Campus.” Acara ini digelar di Universitas Bakrie pada Sabtu (12/8/2017) dan diikuti oleh siswa-siswi Sekolah Mengengah Atas (SMA).

HIPPOCAMPUS bertujuan untuk memperkenalkan proses perkuliahan di Ilmu Politik Universitas Bakrie dan juga kehidupan mahasiswa Ilmu Politik dengan inovasi yang berbeda dari open house yang pernah diadakan sebelumnya. Acara ini dirangkai untuk memberikan pengetahuan kepada peserta tentang program studi Ilmu Politik yang dikemas dengan cara yang menyenangkan. HIPPOCAMPUS terdiri dari pengenalan Prodi Ilmu Politik Universitas Bakrie, diskusi bersama Generasi Melek Politik, Model United Nations (MUN), Kongres Milenial (simulasi rapat DPR), Diaspora Bakrie, dan field visit ke project house milik Irwan Sjarkawi di kawasan Menteng, Jakarta Pusat.

“HIPPOCAMPUS ini dirangkai untuk lebih memperkenalkan jurusan Hubungan Internasional dan Public Policy (Kebijakan Publik) kepada teman-teman, siswa-siswi SMA. Terlebih lagi kami ingin lebih menunjukkan tentang jurusan Public Policy karena masih sangat jarang di Indonesia.” ujar Rifa Nurkayungyun, Project Officer HIPPOCAMPUS.

Diskusi dengan tim dari Generasi Melek Politik tentang kebijakan pemerintah membuat UU Etika Berekspresi Dalam Media Sosial sebagai bahan materi simulasi rapat DPR.

Dalam diskusi yang dipandu oleh Generasi Melek Politik, peserta diajak untuk larut dalam diskusi ringan yang memancing pengetahuan dan ketertarikan peserta terhadap politik Indonesia dan dunia. Peserta juga diarahakan mengikuti Model United Nations yang merupakan simulasi dari kongres organisasi-organisasi yang tergabung dengan Perserikatan Bangsa-Bangsa yang tentunya berkaitan erat dengan salah satu bidang kerja lulusan Hubungan Internasional. Lalu, untuk lebih memperkenalkan peserta dengan jurusan Kebijakan Publik, peserta pun dilibatkan dalam simulasi rapat Dewan Perwakilan Rakyat yang melakukan proses pengambilan keputusan terkait kebijakan-kebijakan pemerintah.

Peserta HIPPOCAMPUS yang diberi hadiah karena keaktifannya selama mengikuti seluruh rangkaian acara.

Acara dilanjutkan dengan talkshow bersama beberapa mahasiswa Ilmu Politik Universitas Bakrie membahas tentang bagaimana menjadi mahasiswa yang ikut dalam pertukaran pelajar ke Universiti Utara Malaysia, berbagi pengalaman tentang kegiatan selama masa perkuliahan, dan bercerita mengenai kesibukkan masing-masing di luar perkuliahan, seperti bekerja di suatu perusahaan, kedutaan, atau aktif dalam organisasi di luar kampus. Selama acara berlangsung, peserta diminta untuk mengisi tabel Bingo! yang merupakan tabel berisi pertanyaan yang harus dijawab oleh peserta lainnya agar dapat saling mengenal satu sama lain. Acara ditutup dengan field visit ke project house milik Irwan Sjarkawi, Presiden Komisaris PT Bakrie & Brothers Tbk, untuk menumbuhkan kesadaran peserta tentang pentingnya mempelajari wawasan mengenai pembaharuan energi demi menjaga lingkungan sebagai tanggung jawab dunia dalam menghadapi perubahan iklim global.