fbpx

Jakarta (20/09/2020) – 20 September 2020 lalu, Universitas Bakrie merayakan hari berdirinya di usia ke-10 tahun. Perayaan satu dasawarsa ini diselenggarakan secara virtual melalui aplikasi Zoom dan Live YouTube pada pukul 10.00 WIB dengan tema Satu Dasawarsa U-Bakrie. Acara yang dipandu oleh Presenter TV handal, Chacha Anissa dan Andromeda Mercury (TVONE) ini juga dimeriahkan oleh bintang tamu Glen Samuel Idol 2018, yang menyanyikan tiga lagu secara virtual.

 

Di usia yang masih relatif muda, Universitas Bakrie telah berhasil meraih sejumlah capaian penting, antara lain: 

  • Pembukaan double degree MM-MBA dan Dual Program S1 Ilmu Komununikasi, Teknik Informatika, dan Manajemen dengan Central Quensland University (CQU-Australia).
  • Peningkatan pemeringkatan Universitas Bakrie ke kluster III perguruan tinggi,
  • Peringkat ke-18 dari 50 besar PTS terbaik di DKI Jakarta
  • Peraih dana hibah International Credit Transfer dari DIKTI, dan
  • Peraih dana hibah MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) dari DIKTI.

Harapan besar Rektor Universitas Bakrie, Prof. Ir. Sofia W. Alisjahbana, M.Sc., Ph.D., agar terus menghasilkan terobosan-terobosan dalam aspek pengajaran, penelitian dan pengabdian, serta pelayanan akademik dan non-akademik. Rektor Universitas Bakrie juga memberikan apresiasi atas dedikasi dan loyalitas kepada Sivitas Universitas Bakrie, baik dosen maupun staf, yang telah memiliki masa kerja 10 tahun atau lebih, berupa Pin Emas, yang didesain  secara exclusive berlogokan Universitas Bakrie.

Selamat ulang tahun Universitas Bakrie. Jaya selalu Universitas kebanggaan Prodi Ilmu Komunikasi.

 

 

 

Falling Walls Lab Jakarta 2020 kembali hadir untuk memfasilitasi para innovator untuk mengasah kreativitasnya dalam bidang ilmu pengetahuan. Meskipun diselenggarakan secara virtual melalui platform Adobe Connect dan memberikan nuasa yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kegiatan ini tetap berlangsung meriah dan telah rampung pada tanggal 24 September 2020 lalu.

 

 

Universitas Bakrie pun turut menyemarakkan perhelatan ini, yang diwakili Dosen Program Studi Teknik Sipil Jouvan Chandra Pratama Putra, S.T., M.Eng. yang sukses meraih juara ketiga. Dilansir dari web resmi DAAD Indonesia, Pemenang Falling Walls Lab Jakarta tahun ini akan mendapatkan kesempatan bergabung dengan komunitas Falling Walls dan menjalin jaringan dengan para inovator dari seluruh dunia serta mengikuti Falling Walls Lab Showcase. Selain itu pemenang juga akan mendapatkan kesempatan untuk mengikuti pelatihan komunikasi Sains online dari EURAXESS serta video profesional untuk membantu pemenang mempresentasikan ide inovativnya.

Jakarta (20/09/2020) – Pada tahun ini, Universitas Bakrie telah memasuki usia yang ke-10 tahun sejak pertama beroperasi pada tanggal 20 September 2010, hari ini Universitas Bakrie mengadakan perayaan secara virtual melalui aplikasi Zoom dan Live YouTube Universitas Bakrie dengan mengusung tema Satu Dasawarsa U-Bakrie.

Meskipun bagi ukuran sebuah universitas, 10 tahun bisa dikatakan usia yang masih sangat muda, Universitas Bakrie telah banyak pencapaian yang diraih dalam satu dasawarsa ini.

Dan pada tahun ini di usianyanya ke-10, Universitas Bakrie telah berhasil meraih sejumlah capaian penting lainnya, antara lain: 

  • Pembukaan double degree MM-MBA dan Dual Program S1 Ilkom, TIF, dan Manajemen dengan Central Quensland University (CQU-Australia).
  • Peningkatan pemeringkatan Universitas Bakrie ke kluster III perguruan tinggi,
  • Peringkat ke-18 dari 50 besar PTS terbaik di DKI Jakarta
  • Peraih dana hibah International Credit Transfer dari DIKTI, dan
  • Peraih dana hibah MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) dari DIKTI.

Prof. Ir. Sofia W. Alisjahbana, M.Sc., Ph.D., Rektor Universitas Bakrie mengajak kepada setiap unsur agar jangan bosan untuk menghasilkan terobosan-terobosan dalam aspek pengajaran, penelitian dan pengabdian, serta pelayanan akademik dan non-akademik.

“Jangan sampai kita terjebak pada aktivitas rutinitas semata. Kreasi dan inovasi barus harus selalu dirangsang untuk tumbuh di Universitas Bakrie. Terlebih dengan posisi kampus kita yang sangat strategis, di epicentrum Ibu Kota. Ini merupakan modal penting bagi Universitas Bakrie untuk menjadi pusat Creative Hub di Indonesia,” ujarnya

Rektor Universitas Bakrie juga memberikan apresiasi atas dedikasi dan loyalitas kepada Sivitas Universitas Bakrie, baik dosen maupun staf, yang telah memiliki masa kerja 10 tahun atau lebih, berupa Pin Emas. Pin Emas ini didesain  secara exclusive berlogokan Universitas Bakrie.

Selain itu, untuk memeriahkan perayaan 10 tahun, Universitas Bakrie juga mengadakan Virtual Fun Challenges 10 km. Untuk sivitas U-Bakrie yang telah mencapai 10 km juga akan diberikan apresiasi.

Acara perayaan Satu Dasawarsa U-Bakrie yang dipandu oleh Chacha Anissa dan Andromeda Mercury (MC TVONE) ini juga dimeriahkan oleh Paduan Suara Mahasiswa Universitas Bakrie (PSM-UB) dan Glen Samuel, Indonesian Idol 2019.

Closing U-Bakrie’s Week 2020

Jakarta (18/09/20) – Tak terasa hari ini adalah hari terakhir pelaksanaan U-Bakrie’s Week 2020. Untuk pertama kalinya sepanjang sejarah U-Bakrie’s Week dilakukan secara virtual akibat pandemi, namun nampaknya hal ini bukan menjadi halangan bagi mahasiswa baru maupun kepanitian U-Bakrie’s Week 2020.

Muhammad Tri Andika Kurniawan, S.Sos, M.A., Wakil Rektor II Universitas Bakrie menyampaikan sambutan pada hari terakhir U-Bakrie’s Week 2020. Ia menyampaikan selamat kepada mahasiswa baru yang telah mengikuti rangkaian kegiatan U-Bakrie’s Week 2020 selama lima hari.

Ia juga mengungkapkan bahwa U-Bakrie’s Week yang dikenal sebagai ospek Universitas ini berbeda dengan Univesitas lainnya, tidak diperbolehkan adanya tindakan perpeloncoan..

“U-Bakrie’s Week ini berbeda dengan pengenalan kampus (ospek) dari kampus lain, U-Bakrie’s Week mengedepankan rasa kekeluargaan dan kebersamaan, tidak ada tindakan perpeloncoan, materi yang disampaikanpun berupa pembekalan agar mahasiswa baru dapat menjalankan aktivitas kuliah dengan lancar,” ujarnya.

Untuk memulai aktivitas perkuliahan, pada 14 dan 18 September 2020, mahasiswa baru juga dibimbing untuk pengisian Kartu Rencana Stud (KRS).

Pada acara penutup U-Bakrie’s Week 2020 ini juga diisi dengan Unit Kegiatan Mahsiswa (UKMa) Universitas Bakre, doantaranya UKMa Band, Tari Tradisional, dan Paduan Suara Mahasiswa Universitas Bakrie (PSM-UB).

Selain itu turut dimeriahkan pula oleh penampilan INBLOOM Band dan Hilma, mahasiswi Teknik Informatika 2019 yang membawakan beberapa lagu.

Acara ini ditutup oleh pengumuman pemenang untuk beberapa kategori terkait U-Bakrie’s Week 2020, diantaranya:

  • Quiz Value Kampus & KM-UB
  • Twibbon
  • Flashmob terbaik
  • Quiz Ormawa
  • Quiz Tebak Gambar
  • Kelompok Terbaik
  • Pembimbing Kelompok Terbaik
  • LO terbaik

Pelaksanaan U-Bakrie’s Week 2020 pada hari keempat membahas mengenai Organisasi Mahasiswa (ormawa) dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKMa) yang ada di Universitas Bakrie.

Reza, Ketua Senat Mahasiswa Universitas Bakrie Periode 2020/2021 menjelaskan bahwa posisi Senat sejajar dengan BEM, dimana Senat bertindak sebagai legislator (pengawas) sedangkan BEM bersifat eksekutor.

Pada acara tersebut, hadir pula Shafira Larasati sebagai Wakil Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Bakrie (BEM-UB) Periode 2020/2021. Ia menjelaskan bahwa salah satu persyaratan untuk mengikuti organisasi mahasiswa di kampus, tak terkecuali BEM, mahasiswa harus terlebih dahulu lulus ataupun mengikuti rangkaian U-Bakrie’s Week hingga selesai.

 

Selanjutnya turut hadir perwakilan dari masing-masing Himpunan Mahasiswa seluruh Program Studi yang ada di Universitas Bakrie. Mereka menjelaskan mengenai persyaratan untuk bergabung dan program kerja yang ada disetiap Himpunan Mahasiswa. Himpunan Mahasiswa Universitas Bakrie terdiri dari:

  1. Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie (HMILKOM-UB)
  2. Himpunan Mahasiswa Ilmu Politik Universitas Bakrie (HMILPOL-UB)
  3. Himpunan Mahasiswa Akuntansi Universitas Bakrie (HMA-UB)
  4. Himpunan Mahasiswa Manajemen Universitas Bakrie (HMM-UB)
  5. Himpunan Teknik Industri Universitas Bakrie (HMTI-UB)
  6. Himpunan Mahasiswa Informatika Universitas Bakrie (HMTIF-UB)
  7. Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi Universitas Bakrie (HMSI-UB)
  8. Himpunan Mahasiswa Ilmu dan Teknologi Pangan Universitas Bakrie (HMITP-UB)
  9. Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil Universitas Bakrie (HMTS-UB)
  10. Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan Universitas Bakrie (HMTL-UB)

Selain itu, perwakilan dari setiap Unit Kegiatan Mahasiswa Universitas Bakrie (UKMa) pun hadir dan menjelaskan aktivitas yang dilakukan.  Unit Kegiatan Mahasiswa Universitas Bakrie (UKMa) diantaranya:

  1. WICAKTALA
  2. BADMINTON
  3. Paduan Suara Mahasiswa (PSM)
  4. Rohani Kristen (Rohkris)
  5. Basmala
  6. Voli
  7. English Debate Society

Dilanjut dengan acara berikutnya, panitia U-Bakrie’s Week mengumpulkan talenta dari mahasiswa baru tahun akademik 2020/2021. Pada sesi ini, muncul kumpulan video gabungan dari mahasiswa baru yang memiliki talenta seperti bernyanyi, puisi dan monolog.

sampai pada sesi terakhir dihari keempat U-Bakrie’s Week 2020, kali ini akan membahas mengenai mahasiswa dan alumni yang sudah memiliki prestasi yang membanggakan.

Yang pertama, Wandha Dwiutari Alumni Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie yang saat ini berprofesi sebagai News Anchor. Ia mengungkapkan bahwa menjadi news anchor ialah cita-cita dan hobi nya sejak dulu, ia terus mengasah hobinya, memperluas wawasan, membangun personal branding dan juga networking, itu adalah kunci sukses untuk menggapai cita-cita.

Wandha juga mengungkapkan bahwa jangan merasa takut ataupun rugi untuk bisa mengeksplor diri untuk hal-hal yang kita sukai.

“Jangan merasa rugi investasi untuk diri sendiri, kuncinya adalah fokus!,” ujarnya.

Yang kedua, hadir pula Febrika Indirawati, Atlet Voli Air yang juga Alumni Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie. Ia mengungkapkan bahwa bukan perjuangan yang mudah untuk berkarier dalam dunia atlet sambil menjalani kuliah. Tapi ia bersyukur karena Universitas Bakrie mendukung dirinya untuk menggeluti hobi dan cita-citanya.

Dan terakhir, mahasiswa yang sangat membanggakan ialah Maulana Wiga, Mahasiswa Hubungan Internasional Universitas Bakrie yang saat ini telah membangun startup kopi yang bernama Bepahkupi. Ia membangun startup Bepahkupi bersama teman-temannya yang juga masih menjadi mahasiswa aktif Universitas Bakrie dari segala Program Studi.