fbpx

Dalam pemilihan produk pangan, faktor sensori merupakan hal pertama kali yang diperhatikan oleh konsumen, oleh sebab itu evaluasi sensori merupakan analisis yang sangat dibutuhkan dalam pengembangan produk pangan, penentuan umumr simpan, evaluasi produk selama pengolahan, penyimpanan dan pemasaran, serta evaluasi produk sendiri maupun produk pesaing dari sisi penerimaan sensori konsumen.

Sifat sensori adalah atribut dari suatu produk pangan yang dapat diukur oleh panca indra manusia, sifat sensori merupakan parameter mutu yang sangat penting karena akan sangat menentukan apakah suatu produk dapat diterima oleh konsumen, selain aspek nilai gizi dan fungsional produk. Analisis sifat sensori dilakukan untuk mengevaluasi proses di line produksi, pemeriksaan finish goods atau pengembangan produk baru. Bagi kalangan peneliti dan perguruan tinggi, pengetahuan sifat sensori diperlukan dalam mengembangkan metode-metode analisis baru untuk mengukur perubahan sifat sensori dalam selama proses produksi dan penyimpanan sampai ke tangan konsumen.

Saat ini analisis sensori dangat berkembang sehingga diperlukan pelatihan bagi mereka yang bekerja di industry maupun akademisi agar dapat mengikuti perkembangan baru analisis sensori tersebut. Disamping pengembangan teknik evaluasi sensori terhadap sampel, berkembang juga teknik pengolahan data hasil evaluasi sensori itu sendiri.

Di tengah perkembangan industry pangan cukup pesat ini, tema-tema seputar Advanced Sensory Analysis belum pernah diangkat sebuah forum seminar dan workshop yang melibatkan praktisi industry, peneliti dan akademisi ilmu dan teknologi pangan. Oleh karena itu, Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan, Universitas Bakrie berinisiatif menyelenggarakan sebuah workshop mengenai Advanced Sensory Analysis di industri pangan.

Pada pelatihan ini juga diberikan praktek langsung mengenai uji-uji sensori terbaru dan analisis statistik dari hasil uji sensori. Peserta pelatihan akan terlibat langsung dalam melakukan uji sensori dan juga terlibat langsung dalam persiapan sampel sensori sesuai dengan standar uji sensori. Dengan demikian diharapkan pada akhir pelatihan, peserta mampu melaksanakan analisis sensori secara mandiri dan terampil dalam menganalisa data sensori.

 

Target Peserta dan Biaya Pelatihan

Target peserta dari kegiatan ini mencakup para praktisi profesional di bidangpangandan gizi yang bergerak di industri, hotel, katering dan restoran, juga akademisi dan peneliti di lembaga penelitian dan pendidikan.

Biaya pelatihan Rp. 5.000.000 per orang dengan kuota 20 peserta.

Untuk menjadi peserta, silakan kontak di This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.(sebutkan nama, afiliasi, alamat afiliasi, no hp/wa, dan email).

Panitia juga menyediakan diskon 50% biaya pendaftaran kepada dosen/peneliti dengan mengirimkan cover letter dan CV kepada email panitia paling lambat tanggal 20 Juli 2019. Peserta yang memenuhi kriteria panitia akan diumumkan kemudian. Biaya keringanan ini sebagai bentuk kerjasama antara Prodi ITP Universitas Bakrie dengan PT Dynatech Indonesia.

 Waktu dan Tempat

Workshop akan dilaksanakan pada hari Senin-Jumat 12-16 Agustus 2019 bertempat di ruang kuliah dan Laboratorium Evaluasi Sensori Universitas Bakrie Epicentrum Kuningan Jakarta Selatan 12920.

Narasumber

  1. Anton Apriantono ;
  2. Wahyudi David
  3. Dynatech
  4. Budi Nurtama

 

Jakarta-(22/07/17) Kegiatan workshop dan seminar bertajuk “Talents Mapping ST 30” di ruang 8 Universitas Bakrie disambut dengan antusiasme tinggi dari peserta mahasiswa Teknologi Pangan Universitas Bakrie yang memenuhi seluruh ruangan acara sejak pukul 9.00 WIB pagi hingga acara selesai. Workshop dan seminar yang dibawakan langsung oleh Direktur Imrpove Education Consulting, Ibu Diah Ningrum, M. Ed, bertujuan untuk mengenalkan peserta terhadap potensi diri yang dimiliki sehingga dapat mempermudah dalam mengukir prestasi baik dari segi perkuliahan maupun persiapan menghadapi dunia magang dan kerja.

Read more ...