fbpx

Jakarta 24 Maret 2019, Communication Creativity in Action (Commcreation) kembali digelar diawal tahun ini untuk berbagi ilmu serta keseruan kepada peserta yang hadir. Commcreation sendiri merupakan core event dari Himpunan Ilmu Komunikasi (HMILKOM-UB) yang  diselenggarakan tiap tahunnya. Event ini selaras dengan metode

pembelajaran yang ada di Universitas Bakrie “Experiental Learning” mengusung tema “Communication Change Perception” yang merupakan sebuah pembahasan terkait dengan isu masa kini. Tema yang diangkat ini memiliki arti tentang komunikasi yang dapat merubah persepsi orang dan didukung oleh kemajuan media digital.

Bertempat di Kampus Universitas Bakrie sendiri, Commcretion  memiliki dua sesi acara yakni commaction dan commactive, Pada commaction peserta mendapatkan praktek tentang tiga cabang peminatan yang ada pada Prodi Ilmu Komunikasi yaitu ProClub dari peminatan Corporate Communications (PR & Corpcomm), AdBrand Club dari peminatan Marketing communications(Marcomm), dan Meclub dari peminatan Jurnalisme Multimedia (Jurnalistik).

Acara dibuka dibuka oleh Kepala Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie, Dra. Suharyanti, M.S.M,. yang juga menjelaskan mengenai pembelajaran di Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie serta memperkenalkan club ilmu komunikasi yang dapat menjadi wadah bagi mahasiswa.

Sesi dimulai dari commaction dengan melakukan kegiatan praktek yang dibagi per-zonanya dari ketiga peminatan di Ilmu Komunikasi yakni Marketing Communication menjelaskan mengenai copywriting, Public Relations menjelaskan tentang how to be a good public speaker in a digital era, dan Media Journalist menjelaskan tentang bagaimana menjadi news anchor, presenter, cameramen, dan floor director. Tiap zona peminatan ini dibawakan oleh masing-masing perwakilan club yang ada di Ilmu Komunikasi, peserta diajak untuk berpatisipasi langsung pada praktek ini dengan diberikan beberapa study case yang kemudian dibahas bersama. Tentunya peserta telah dibagi kedalam beberapa kelompok sehingga bisa merasakan semua peminatan. Peserta yang datang baik intenal maupun ekstenal ini sangat menikmati kegiatan yang menarik ini, adapun beberapa anak SMA juga turut hadir dan diharapkan mereka dapat mengenal Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie dengan nyata.

Kemudian dilanjutkan sesi berikut yaitu commactive yang juga menghadirkan beberapa narasumber diantaranya Fiki Maulani Kursidi sebagai Senior Public Relations Consultant PT. Inter Media Prisma, Rivo Pahlevi sebagai journalist Trans 7, dan Andrey Banyudoyo sebagai founder @tempatbercakap. Masing-masing pembicara menjelaskan bagaimana pekerjaan mereka dalam masa kini dan tantangan yang dihadapi dengan adanya media digital.

Secara keseluruhan kegiatan Commcreation merupakan kegiatan dari bentuk kreatifitas mahasiswa Ilmu Komunikasi khususnya program kerja HMILKOM. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi daya tarik bagi pihak internal maupun eksternal lingkungan Prodi Ilmu Komunikasi.

Testimoni Alumni Ilmu Komunikasi

"Milennials and business in the digital era cannot be separated. Strategi bisnis di era digital harus melakukan "engagement" dengan kaum milenial."

David Burke

Managing Director PT Visi Media Asia Tbk (VIVA Group)
[Produksi Mahasiswa Ilmu Komunikasi]

Media Club Online berada di bawah pengurusan mahasiswa dan mahasiswi Ilmu Komunikasi

MeClub adalah sebuah media kampus yang ada di Universitas Bakrie. MeClub merupakan kependekan dari Media Club. MeClub sendiri digerakkan oleh mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie peminatan Jurnalistik dan Media Massa.

coming up event