fbpx

Tak kenal lelah mengukir prestasi, team Dosen yang diwakili oleh Jouvan Chandra Pratama Putra, S.T., M.Eng.(Prodi Teknik Sipil), Safrilah, S.T., M.Sc., (Prodi Teknik Sipil), Sigit Wijayanto, B.Sc., M.Sc. (Prodi Sistem Informasi) dan Mirsa Diah Novianti, S.T., M.T. (Prodi Teknik Industri) kembali menghadiahi seluruh sivitas Universitas Bakrie dengan Gold Award pada 24th Moscow International Salon of Inventions and Innovative Technologies (Archimedes) dengan project Zeolite Modification and its Application to Indoor Air Quality Control, setelah meraih Silver Medal dari perhelatan 1 Idea 1 World di Turki bulan lalu. Archimedes merupakan ajang pengembangan penemuan dan inovasi yang didukung oleh World Intellectual Property Organization (WIPO), Federal Service on Intellectual Property, Ministry of Defense of Russian Federation, hingga regional representations of Russian Federation. Meskipun kegiatan dilakukan secara korespondensi di tengah pandemi Covid-19, Kegiatan Archimedes tetap sukses menghadirkan ratusan peserta dan karya inovatif dari berbagai institusi di dunia, salah satunya Universitas Bakrie. Sekali lagi, kami ucapkan apresiasi yang tinggi bagi para Dosen berprestasi!

Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi menyelenggarakan Webinar Generator 2021, dengan tema Perkembangan Teknologi Society 5.0, pada 27 Maret 2021 secara virtual melalui Zoom Meeting. Kegiatan dibuka dengan sambutan dari  Kaprodi Sistem Informasi, Dr. Siti Rohajawati, S.Kom., M.Kom. serta menghadirkan dua pembicara yang merupakan expert di bidangnya, yaitu Bapak Refyul Rey Fatri, S.Si., M.Sc., Ph.D. (Dosen Sistem Informasi Universitas Bakrie), dan Dr. Andry Alamsyah, S.Si., M.Sc. (Big Data and Social Computing Lab Telkom University). 

Webinar yang dimoderatori oleh Sigit Wijayanto, B.Sc., M.Sc, selaku Dosen Sistem Informasi Universitas Bakrie ini membahas secara gamblang mengenai seluk beluk society 5.0 (super smart society) yang didefinisikan sebagai proses pemanfaatan teknologi secara intens yang mengutamakan pemenuhan kebutuhan manusia dengan menyelaraskan teknologi dengan kemajuan ekonomi atau masalah lainnya, dan ditandai dengan penggunaan Artificial Intelligence (AI), Internet of Things (IoT), Big Data, Robotics, 5G, Cloud, Blockchain untuk kenyamanan masyarakat dan kemampuan dalam menghadapi tantangan sosial seperti pengurangan emisi karbon, peningkatan produksi pertanian, keberlangsungan industrialisasi, pemerataan kekayaan antar daerah, kemudahan berbasis inovasi teknologi. 

Tak ketinggalan, sejarah perkembangan society 5.0, keterkaitan industry 4.0 dan society 5.0, cara kerja society 5.0, hingga bagaimana bagaimana society 5.0 akan mengubah kehidupan manusia dan tantangannya juga turut dibedah. Sebagai penutup, para pemateri menyimpulkan bahwa society 5.0 merupakan bahasan yang perlu dikembangkan lebih lanjut, hal ini dikarenakan adanya tatanan yang belum terstandarisasi baik secara nasional maupun internasional.

Pada hari Sabtu, 03 April 2021 pada pukul 10.00-13.00 WIB, telah dilaksanakan rangkaian acara pertama dari Breaking Industrial Limit 2021 yaitu acara webinar. Breaking Industrial Limit 2021 merupakan salah satu program kerja dari Himpunan Mahasiswa Teknik Industri Universitas Bakrie yang diadakan secara daring untuk pertama kalinya, dan rangkaian terakhir dari acara ini adalah pelaksanaan kompetisi “Business Model Canvas” yang diikuti oleh Mahasiswa dan Siswa SMA/sederajat seluruh Indonesia. 

Acara BIL 2021 bertemakan  Explore Your Creativity to Become Young Entrepreneur in The Industrial Revolution 4.0 Era, dan Pembicara pada webinar ini adalah salah satu dosen dari Universitas Bakrie yaitu Bapak Dr. Ir. Didit Herawan, MBA.

Acara webinar ini diikuti oleh sekitar 90 peserta, bukan hanya dari kalangan Mahasiswa namun juga dari Siswa SMA/sederajat juga turut ikut hadir mengikuti webinar tersebut. Acara Webinar dibuka oleh MC dari HMTI-UB yaitu Delia dan Erlangga, lalu dibuka dengan kata sambutan dari Ketua Pelaksana Acara yaitu Ismawati Anjani, dilanjutkan dengan kata sambutan dari ketua HMTI-UB Farrel Daffa Alamsyah, dan kata sambutan dari Ketua Program Studi Teknik Industri Bapak Gunawarman Hartono, M.Eng.

Selanjutnya pembawaan materi oleh Bapak Dr. Ir. Didit Herawan, MBA tentang Implementasi Business Model Canvas untuk Inovasi Bisnis di Era Revolusi Industri 4.0. Pak Didit menerangkan tentang apa itu Business Model Canvas dan kegunaannya sebagai modal presentasi bisnis yang rinci namun simple. Bukan hanya tentang materi BMC saja, namun Pak Didit juga memberikan inovasi untuk membangun, meningkatkan, dan menjaga keberlanjutan bisnis dan dapat bertahan seperti pada masa pandemi seperti ini. Suasana webinar terkesan sangat interaktif, karena tidak sedikit dari peserta webinar yang memberikan pertanyaan langsung mengenai poin-poin dari BMC atau mengenai real case yang mereka alami di kehidupan nyata.

Setelah sesi materi Business Model Canvas oleh Pak Didit, dilanjutkan dengan presentasi dari pihak Pegadaian selaku sponsor dari acara Breaking Industrial Limit 2021 yaitu edukasi tentang pentingnya berinvestasi emas demi masa depan.

Dilanjutkan dengan mini games, dan sesi foto bersama. Acara berjalan dengan sangat lancar, dan peserta yang mengikuti webinar pun turut aktif berinteraksi pada acara webinar tersebut.

National Entrepreneurship Symposium, rangkaian kedua dari kegiatan Management Brainstorming (MAGSTORM) telah berlangsung dengan meriah melalui Zoom Meeting pada pada Sabtu, 20 Maret 2021. Event yang diselenggarakan oleh  oleh Himpunan Mahasiswa Manajemen 2021 ini terdiri tidak hanya menghadirkan berbagai expert yang menjadi pemateri dalam kegiatan Webinar, namun juga melangsungkan awarding untuk para juara pada perhelatan Innovation and Entrepreneurship Exhibition'' (IEE).


Mengangkat Innovation with Local Culture for a Brighter Economic in New Normal Era, acara  dibuka oleh sambutan dari ketua Pelaksana MAGSTORM 2021 Dina Kamila yang dilanjutkan dengan ketua Himpunan Mahasiswa Manajemen Divan Alana. Dekan Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Universitas Bakrie, Dr. Dudi Rudianto, SE, M.Si beserta Kaprodi Manajemen Universitas Bakrie, Bapak M. Taufiq Amir, S.E., M.M., Ph.D. juga turut hadir menyampaikan sepatah kata.