fbpx

 

Jakarta (15/10/2020) – Universitas Bakrie dan Forum Rektor Indonesia mengadakan webinar mengenai ‘How to Build Sustainable Collaboration Between University and Industry’ yang bekerja sama dengan Kementerian Riset & Teknologi, Badan Riset & Inovasi Nasional dan Ikatan Ilmuwan Indonesia Internasional, Webinar ini diadakan secara virtual dan  disiarkan langsung melalui YouTube Universitas Bakrie.

Acara tersebut dibuka oleh Prof. Ir. Sofia W. Alisjahbana, M.Sc., Ph.D., Head of Research, Innovation and Industrial Comission Forum Rektor Indonesia, dan Rektor Universitas Bakrie. Kemudian disambung oleh Prof. Arif Satria, Chair of Forum Rektor Indonesia sekaligus Rektor IPB University yang memaparkan mengenai tantangan yang saat ini dihadapi, yaitu adanya gap penelitian yang dihasilkan oleh perguruan tinggi dengan kebutuhan industri.

 
     

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Prof. Bambang Soemantri Brodjonegoro, Menteri Riset dan Teknologi sekaligus Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional memaparkan bahwa pada masa pandemi saat ini adalah masa untuk mengakselerasi transformasi digital.

“Masa pandemi saat ini adalah masa untuk mengakselerasi transformasi digital, disinilah peran inovasi dan kerja sama industri dengan perguruan tinggi, saya berharap Pemerintah terus mendukung kolaborasi ini” ujarnya.

Prof. Bambang juga memaparkan bahwa Indonesia saat ini sedang mengembangkan sektor ekonomi berbasis inovasi, kolaborasi inovasi antara perguruan tinggi dan industri sangat dibutuhkan.

 

Webinar ini turut menghadirkan praktisi yang memberikan paparannya terkait future practice pengembangan inovasi di era disrupsi antara Perguruan Tinggi dan Industri, diantaranya ialah Associate Prof. Muhammad Aziz, Dr. Eng., Institute of Industrial Science the University of Tokyo, Associate Prof. Riyanti Djalante, Ph.D., United Nations University-Institute fot the Advanced Study of Sustainability., Prof. M.Akbar Rhamdhani, the Director of Transport Innovation Centre and Fluid Process Dynamics Group Swinburne University of Technology.

Harapannya terdapat lesson learned yang dapat diambil dari kegiatan ini, serta menciptakan solusi dari existing barrier (cultural, technological, market and regulatory) dalam pengembangan inovasi bekerja sama dengan industry.

 

 

"Universitas Bakrie mengusung metode pembelajaran experiential learning, yang memperkecil gap antara dunia akademis dan dunia industry. PT. Bakrie and Brothers mengutamakan untuk meng-hired mahasiswa-mahasiswa terbaik dari Universitas Bakrie untuk mengikuti program management trainee di perusahaan Bakrie Group."

Bobby Gafur Umar

Direktur Utama & CEO PT Bakrie & Brothers Tbk.
Testimoni Alumni Manajemen (2020)

coming up event