fbpx

Universitas Bakrie bekerjasama dengan ADRI (Perkumpulan Ahli dan Dosen Republik Indonesia) DPD DKI Jakarta-Banten dan Kopertis Wilayah III untuk menyelenggarakan "Workshop Penulisan Artikel untuk Publikasi di Jurnal Internasional Bereputasi" pada Rabu (31/01) di Universitas Bakrie.

Dalam kegiatan ini, hadir pula Dr. Ir. Illah Sailah, M.S. Ketua DPD ADRI Jakarta - Banten Koordinator Kopertis Wilayah III dan juga Prof. Ir. Sofia W. Alisjahbana, M.Sc.,Ph.D, Rektor Univesitas Bakrie yang juga menjabat sebagai Dewan Penasehat DPD ADRI Jakarta-Banten. Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk memberikan tambahan pengetahuan dalam menulis artikel ilmiah di jurnal internasional bereputasi.

"Saat ini dosen dituntut untuk pintar memilih jurnal atau proceeding tempat menyebarluaskan hasil penelitian yang sudah dilakukan. Penelitian yang baik apabila tidak ditulis dengan baik maka hasilnya tidak dapat membawa manfaat bagi masyarakat luas." Ungkap Prof. Ir. Sofia W. Alisjahbana, M.Sc., Ph.D. dalam sambutannya. Menurutnya dengan mengikuti acara ini, peserta memiliki pemahaman dan kapabilitas dosen menjadi meningkat seperti bagaimana teknik menulis yang baik agar dapat lolos pada jurnal yang berakreditasi, bagaimana cara memilih jurnal yang sesuai, bagaimana menggunakan alat bantu yang digunakan dosen dalam menulis, teknik sitasi, peningkatan index, serta menghindari plagiarism.

Workshop kali ini mengundang Assoc.Prof.Dr. Edy Herianto Majlan, Amicheme dari Universiti Kebangsaan Malaysia untuk memberikan materi mengenai penulisan artikel untuk publikasi di jurnal internasional bereputasi. Beliau sudah menulis 60 Artikel dengan 709 sitasi dan H-14 index. Acara ini dibekali dengan modul untuk persiapan menulis karya ilmiah, penulisan artikel ilmiah, pengenalan dan latihan software mendeley, dan publikasi ke high impact journal tanpa biaya.

Diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan jumlah publikasi hasil penelitian para dosen dan peneliti serta dapat meningkatkan kualitas penulisan artikel ilmiah di jurnal internasional bereputasi.

“Kami sebagai praktisi tentunya sangat mahir dalam penerapan teknologi dilapangan. Universitas Bakrie mempunyai tenaga pengajar dan peneliti yang sangat maju dalam teori, penelitian, teknologi serta penemuan baru. Hubungan antara Bakrie Group dengan Universitas Bakrie merupakan kerjasama dan kolaborasi yang saling melengkapi.”

Dicky Setiawan

Direktur Utama PT Bakrie Pangripta Loka (BPL)
Testimoni Alumni Teknik Sipil

coming up event