fbpx

Direktorat Penguatan Inovasi Kementerian Ristek-Dikti telah mengumumkan 56 inkubator bisnis teknologi dan 256 startup/tenant penerima hibah pendanaan program Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (PPBT) tahun 2019, dan inkubator bisnis

Universitas Bakrie (UBpreneur) dipercaya untuk meng-inkubasi/membina 6 startup/tenant.

 Ke-enam tenant tersebut adalah:

  1. CATALYST/Ka.Ta.Mo

(Tahun ke-2; Kategori Teknologi Pangan; Penyedia bibit dan tepung singkong mocaf unggulan; CEO: Leni Siswati)

  1. ECODOE

(Tahun ke-2; Kategori Teknologi Informasi dan Komunikasi; Digital Platform/E-Commerce untuk pembuatan souvenir yang membina lebih dari 270 pengrajin lokal; CEO: Larasati Widyaputri)

  1. JETSCHOOL

(Tahun ke-2; Kategori Teknologi Informasi dan Komunikasi; Mobile Application untuk administrasi dan pelayanan siswa di sekolah SD, SMP dan SMA; CEO: Najib Yusuf)

  1. RUANG BAHASA

(Tahun ke-1; Kategori Teknologi Informasi dan Komunikasi; Digital Platform/E-Commerce untuk layanan penerjemahan yang melayani 27 bahasa asing. Saat ini memiliki puluhan penerjemah yang terdaftar; CEO: Chandra Putra)

  1. SUKA GRAFIS

(Tahun ke-1; Kategori Teknologi Informasi dan Komunikasi; Digital Platform/E-Commerce untuk layanan desain grafis; CEO: Hafiizh/Galuh Reflin)

  1. YOOREKA

(Tahun ke-1; Kategori Teknologi Informasi dan Komunikasi; Digital Platform/Portal sebagai media informasi bagi anak muda; CEO: Zahfran Siddieq)

UBpreneur, Inkubator Bisnis Universitas Bakrie, untuk ketiga kalinya sejak 2017, dipercaya menjalankan inkubasi bisnis (membina/meng-inkubasi) bagi startup/tenant yang didanai Kementerian Ristek-Dikti. Tahun 2017 meng-inkubasi 1 tenant program PPBT, tahun 2018 meng-inkubasi 4 tenant,  dan tahun 2019 meng-inkubasi 6 tenant(3 tenant diantaranya menjalankan inkubasi tahun ke-2).

 

Program akan dimulai pada bulan Maret 2019. Pendamping dari setiap startup tidak diperbolehkan lagi dari dosen/peneliti/ASN karena diwajibkan menyediakan waktu 20 jam per minggu. Pendamping dari UBpreneur yang sudah disiapkan saat ini berasal dari mahasiswa MM-UB dan alumni Prodi Manajemen Universitas Bakrie. Para Ahli/Profesional/Dosen akan diminta bantuannya sebagai Mentor. Nilai pendanaan bagi keenam tenant  tersebut masih akan dievaluasi oleh RistekDikti, diperkirakan disekitar 1,4-1,8 M.   

“Kami sebagai praktisi tentunya sangat mahir dalam penerapan teknologi dilapangan. Universitas Bakrie mempunyai tenaga pengajar dan peneliti yang sangat maju dalam teori, penelitian, teknologi serta penemuan baru. Hubungan antara Bakrie Group dengan Universitas Bakrie merupakan kerjasama dan kolaborasi yang saling melengkapi.”

Dicky Setiawan

Direktur Utama PT Bakrie Pangripta Loka (BPL)
Testimoni Alumni Teknik Sipil

coming up event