fbpx

Dalam rangka meningkatkan pemahaman mahasiswa mengenai infrasruktur dan manajemen sistem Transportasi, pada tanggal 5 Oktober 2017 lalu, 29 mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Bakrie dari berbagai angkatan dengan didampingi oleh dosen-dosen mengunjungi project APMS (Automated People Mover System)/Skytrain yang baru diresmikan 17 September 2017 lalu.

Prodi Teknik Sipil diterima oleh Vice President Corporate Communication PT Angkasa Pura II Bapak Yado Yarismano beserta tim Teknis Project APMS/Skytrain dari PT Wijaya Karya Tbk. Dan PT Indulexco dan tim humas Angkasa Pura II. Pemaparan mengenai Project APMS/Skytrain diberikan di gedung pusat 600 PT Angkasa Pura II sebelum Prodi Teknik Sipil diajak mencoba langsung APMS/Skytrain yang sudah beroperasi. Pada pemaparan yang diberikan oleh PT Angkasa Pura II, terdapat pemaparan mengenai rencana pengembangan bandara Soekarno Hatta dan proses pengerjaan teknis infrastruktur untuk Project APMS/Skytrain, sehingga mahasiswa pun mendapat tambahan pengetahuan serta dapat langsung berkomunikasi dengan para pakar di bidang Teknik Sipil.

Gambar 1 Mahasiswa disambut di Auditorium Gedung Pusat 600 Angkasa Pura II


Gambar 2 Penyerahan Plakat dari PT Angkasa Pura II kepada Universitas Bakrie

Project APMS/Skytrain saat ini mengoperasikan 1 train set yang terdiri dari 2 gerbong kereta berkapasitas 176 orang, menghubungkan Terminal 2 dan Terminal 3 dengan headway 15 menit. Project APMS/Skytrain akan penuh mengoperasikan 3 train set tanpa awak untuk menghubungkan Terminal 1, Terminal 2 dan Terminal 3 pada akhir tahun 2017. Dengan headway perencanaan 5 menit dan kecepatan tempuh 60 km/jam, Project APMS/Skytrain diharapkan mampu mengatasi permasalahan transportasi di dalam lingkungan bandara.

Gambar 4 Mahasiswa Menuju Stasiun Kereta


Gambar 5 Suasana di Stasiun Kereta Project APMS/Skytrain


Gambar 6 Mahasiswa dan Dosen Prodi TSI saat berada di dalam Project APMS/Skytrain

 

“Kami sebagai praktisi tentunya sangat mahir dalam penerapan teknologi dilapangan. Universitas Bakrie mempunyai tenaga pengajar dan peneliti yang sangat maju dalam teori, penelitian, teknologi serta penemuan baru. Hubungan antara Bakrie Group dengan Universitas Bakrie merupakan kerjasama dan kolaborasi yang saling melengkapi.”

Dicky Setiawan

Direktur Utama PT Bakrie Pangripta Loka (BPL)
Testimoni Alumni Teknik Sipil

coming up event