fbpx

Rabu (18/12/2019) Program Studi Teknik Informatika mengadakan Guest Lecture yang membahas mengenai Advanced Microwave Remote Sensing Technology and ITS Aplication. Guest lecture kali ini prodi teknik informatika turut mengundang Prof. Josaphat Tetuko Sri Sumantyo, Ph.D. dari Chiba University Japan sebagai narasumber.

Remote sensing atau penginderaan jauh adalah pengukuran dari sebuah objek atau fenomena oleh sebuah alat yang tidak secara fisik melakukan kontak dengan objek tersebut atau pengukuran atau akuisisi data dari sebuah objek atau fenomena oleh sebuah alat dari jarak jauh. Remote sensing biasanya digunakan untuk  pesawat, pesawat luar angkasa, satelit, kapal, drone, memonitor janin dengan ultrasonik dan wahana luar angkasa yang memantau planet dari orbit.

Untuk saat ini remote sensing ini sangat beragam sesuai fungsi atau pemanfaatan dari alat tersebut. remote sensing sendiri dapat membantuk aktivitas dalam bekerja, penelitian, dan aktivitas lainnya. Sistem kerjanya sendiri dapat dilakukan dengan jarak jauh, lalu sensor dipasang pada objek yang akan diteliti dan dianalisis yang kemudian data-datanya diterjemah menjadi suatu informasi. Untuk jenisnya, penginderaan jauh terbagi menjadi dua, yaitu citra foto dan citra nonfoto. Gelombang mikro merupakan salah satu dari beberapa gelombang yang dapat digunakan sebagai media pengindraan jauh. Kita dapat memanfaatkan gelombang mikro dengan menggunakan radar sebagai alat untuk menangkap gelombang mikro.

Dalam guest lecture kali ini berjalan dengan interaktif karena adanya sharing dari mahasiswa dan juga pembicara. Guest lecture yang diadakan oleh Prodi Teknik Informatika ini diharapkan dapat menambah wawasan mahasiswa mengenai microrowave remote sensing dan dapat membantu dalam dunia kerja dikemudian hari.

Sistem pengelolaan sampah yang baik harus dimulai dengan dengan menggabungkan berbagai disiplin ilmu, sistem yang didesain berdasarkan ilmu yang bisa dipelajari di program studi Teknik Lingkungan, Universitas Bakrie

Sri Bebassari

President of InSWA (Indonesia Solid Waste Association)

coming up event