fbpx

"Syarat menjadi seorang entrepreneur sukses adalah semangat juang harus tinggi dan memiliki inovasi, sehingga konsep berpikirmya harus menjual bukan membeli" ujar Pak Irwan Sjarkawi dalam sharing session bersama mahasiswa Ilmu dan Teknologi Pangan (ITP) Universitas Bakrie di Ruang Nusantara Bakrie Tower, Jakarta (24/5).

Kegiatan sharing session bersama praktisi dan CEO dari Kelompok Usaha Bakrie rutin dilakukan oleh Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan (ITP) Universitas Bakrie, hal ini untuk mengasah jiwa wirausaha yang dari awal semester sudah ditanamkan dalam kurikulum pembelajaran di Prodi ITP.

Menjadi pengusaha sukses di bidang makanan dan minuman sudah pasti menjadi impian dari mahasiswa ITP selain bekerja di bidang food and beverages industries oleh karena itu untuk merintisnya, mahasiswa harus dibekali dengan ilmu pengetahuan sehingga kelak mereka bisa menciptakan suatu inovasi produk makanan dan minuman di masa yang akan datang.

Pak Irwan juga menegaskan kepada mahasiswa untuk memulai usaha itu tidak harus mulai dari hal yang besar, tapi dari hal-hal yang kecil seperti belajar memasak menu-menu tradisional yang menjadi keunikan dari daerahnya masing-masing, kemudian diberikan nilai tambah, misal di packaging atau di variasi rasa, sehingga memiliki nilai daya saing di dunia industri makanan dan minuman.

Sementara itu, Febriana mahasiswi ITP angkatan 2016 mengatakan rasanya luar biasa bisa mendengar pengalaman langsung dari CEO, tidak hanya bisa mengetahui rahasia beliau hingga bisa sesukses sekarang, namun juga belajar peluang-peluang bisnis yang saat ini sedang menjadi trend di negeri ini, selain menginspirasi untuk terus melakukan inovasi-inovasi melalui ide-ide yang bisa bermanfaat tidak hanya untuk diri sendiri tapi juga banyak orang.

Sistem pengelolaan sampah yang baik harus dimulai dengan dengan menggabungkan berbagai disiplin ilmu, sistem yang didesain berdasarkan ilmu yang bisa dipelajari di program studi Teknik Lingkungan, Universitas Bakrie

Sri Bebassari

President of InSWA (Indonesia Solid Waste Association)

coming up event