fbpx

Sharing Session: What Do You Have to Know About Project Cycle, Recruitment and Career in the Upstream Oil and Gas Industry

Pada 29 September 2015 lalu, Program Studi Teknik Lingkungan Universitas Bakrie mengadakan sharing session dengan salah satu praktisi di bidang hulu minyak dan gas bumi. Acara ini merupakan bagian dari kelas mata kuliah Perencanaan dan Pengendalian Proyek (Semester VII). Pemateri pada sharing session ini adalah Andre Wiguna, ST selaku contract engineer di Vico Indonesia. Sebagai contract engineer, Andre Wiguna yang akrab dipanggil Andre ini menangani pengadaan barang internal perusahaan dan penentuan vendor dalam perencanaan proyek.

Materi yang dibahas pada sesi ini banyak difokuskan pada  manajemen pengadaan proyek di Vico Indonesia. Manajemen ini menggambarkan proses operasional dan sumber daya terkait pelaksanaan pengadaan proyek di Vico Indonesia. Contract engineer harus mampu menerjemahkan kebutuhan user yang selanjutnya akan disampaikan kepada vendor dalam pengadaan proyek. Administratif pengadaan proyek kemungkinan mencapai level General Manager hingga President perusahaan. Jika pengadaan proyek melebihi 500 juta, maka proyek tersebut harus diketahui oleh General Manager. Keseluruhan rangkaian kuliah umum ini membahas konsep PDCA (Plan, Do, Check, Action) dalam pengadaan suatu proyek perusahaan. Output dari sharing session ini adalah diharapkan mahasiswa mampu memahami model siklus hidup proyek yang nyata di suatu perusahaan. Mahasiswa yang mengikuti rangkaian sharing session ini sangat antusias dalam melontarkan beberapa pertanyaan yang bersifat aplikatif. Tidak hanya membahas tentang pengadaan proyek, Andre juga membekali mahasiswa mengenai seluk beluk pencarian kerja dalam industri hulu minyak dan gas bumi. Hal tersebut tentu sangat bermanfaat bagi mahasiswa angkatan terakhir Teknik Lingkungan yang tidak lama lagi akan memasuki dunia kerja. Kuliah umum ini tidak hanya dihadiri oleh mahasiswa Teknik Lingkungan angkatan 2012 namun juga dihadiri oleh beberapa Dosen Teknik Lingkungan Universitas Bakrie.

 

Ditulis oleh: Hesli Oktavia Teknik Lingkungan 2012