fbpx

Program Studi S1 Ilmu Komunikasi merupakan salah satu program studi di Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Universitas Bakrie (FEIS UB). Didirikan berdasarkan SK Menteri Pendidikan Nasional RI dengan nomor SK pendirian 102/D/0/2009 dan SK Ralat nomor 181/D/O/2009 yang didirikan pada 16 Juli 2009 dan 29 Oktober 2009. Program Studi S1 Ilmu Komunikasi mulai beroperasi dan menerima mahasiswa baru pada 9 Agustus 2010 dengan tiga peminatan, yakni:

  • Komunikasi Korporat
  • Jurnalistik Multimedia
  • Komunikasi Pemasaran

Program Studi S1 Ilmu Komunikasi senantiasa berkomitmen untuk menjadi wadah pendidikan ilmu komunikasi unggul yang mengikuti perkembangan ilmu komunikasi dan kebutuhan dunia industri di bidang komunikasi. Diperolehnya akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) pada tahun 2015 berdasarkan Keputusan BAN-PT No. 61/SK/BAN-PT/Akred/SII/2015, merupakan tantangan bagi Program Studi S1 lmu Komunikasi untuk meningkatkan kinerja dengan mengedepankan keunikan yang menjadi ciri khas, yaitu penerapan experiential learnin., Untuk itu, peninjauan kurikulum secara berkala, peningkatan prestasi mahasiswa, peningkatan karir akademik dosen, perluasan jejaring (networking) nasional dan internasional serta masukan dari stakeholders merupakan faktor-faktor penting yang menjadi perhatian untuk pengembangan Program Studi S1 lmu Komunikasi.
Dalam proses pembelajaran, Program Studi S1 Ilmu Komunikasi menggunakan metode experiential learning atau pembelajaran melalui pengalaman, yakni proses belajar yang melibatkan unsur pengalaman terhadap materi kuliah yang diajarkan. Dengan demikian, mahasiswa tidak hanya memahami konsep dan teori tetapi juga mampu menganalisis dan merasakan langsung kasus-kasus yang relevan. Saluran dan bentuk-bentuk experiential learning di antaranya adalah:

  • Pembelajaran melalui pengalaman dengan role play dan latihan-latihan di kelas
  • Pembelajaran melalui pengalaman dengan praktikum di Laboraturium Ilmu Komunikasi dan Studio sesuai dengan setting industri yang sebenarnya
  • Pembelajaran melalui pengalaman dengan praktik lapangan berupa magang dan field visit program
  • Pembelajaran melalui pengalaman dengan bedah real cases bidang komunikasi
  • Pembelajaran melalui pengalaman dengan keterlibatan dalam real projects bidang komunikasi, seperti brand and social campaign, CSR, produksi kreatif, produksi berita dan program acara TV serta radio, perancangan strategi komunikasi, dan riset-riset praktis maupun akademis
  • Pembelajaran melalui pengalaman dengan real business environment yang didukung Kelompok Usaha Bakrie