fbpx

Lulusan Program Studi Manajemen memiliki peluang karir yang luas. Berbagai pilihan peluang karir yang tersedia untuk lulusan program studi Manajemen antara lain:

Fungsi Pemasaran (Marketing)

  1. Melakukan analisa peluang bisnis dan perilaku konsumen terhadap peminatan produk
  2. Menganalisa kesesuaian desain produk dengan peminatan konsumen
  3. Menganalisa kesesuaian harga produk dengan target perusahaan
  4. Menganalisa dan mendesain program promosi produk kepada konsumen
  5. Menganalisa dan menetapkan rantai distribusi produk hingga sampai ke konsumen

 Bidang Fungsional ini memiliki beberapa Job Title, diantaranya:

Fungsi Sumberdaya Manusia (Human Resource)

  1. Mengelola kebutuhan sumberdaya manusia perusahaan (dimulai dari menganalisa beban kerja, mendesain system kerja, merancang key performance indicators,
  2. melakukan perekrutan karyawan dan menyeleksi kandidat karyawan untuk diterima kerja)
  3. Memetakan kompetensi sumberdaya manusia perusahaan
  4. Mengembangkan dan meningkatkan kompetensi sumberdaya manusia perusahaan
  5. Mengatur dan merancang kebijakan kompensasi (moneter dan non-moneter) untuk karyawan
  6. Mengevaluasi kinerja karyawan
  7. Menjalin hubungan baik dan merancang kebijakan terkait dengan hubungan industri

Bidang fungsional ini memiliki beberapa Job Title, diantaranya:

Fungsi Keuangan (Financial)

  1. Mengelola dan mengontrol alur keuangan perusahaan
  2. Menganalisa tingkat kesehatan keuangan perusahaan
  3. Memberikan arahan dan merancang kebijakan yang berkaitan dengan keuangan perusahaan
  4. Mengevaluasi kinerja perusahaan dari aspek profitability nya.
  5. Melakukan pemeriksaan anggaran dan pengeluaran perusahaan

Bidang fungsional ini memiliki beberapa Job Title, diantaranya:

Fungsi Operasi (Operation/Project)

  1. Merancang sistem operasional dan prosedur kerja perusahaan
  2. Memantau dan mengevaluasi pelaksanaan operasional dan prosedur kerja
  3. Mengelola pelaksanaan proyek jangka pendek/menengah/panjang
  4. Mendesain pelatihan prosedur kerja
  5. Memantau prosedur kualitas kerja

Bidang fungsional ini memiliki beberapa Job Title, diantaranya:

Program studi manajemen adalah ilmu yang menggunakan pendekatan secara sosial dan saintifik. Secara umum program studi manajemen dikelompokkan ke dalam kelompok IPS, tetapi pendekatan yang digunakan banyak yang bersifat saintifik. Ilmu manajeman adalah ilmu pengelolaan. Manajemen pemasaran berarti bagaimana mengelola customer beserta dengan saluran-saluran distribusinya. Manajemen keuangan berarti bagaimana mengelola keuangan sehingga berhasil meraih tujuan-tujuan keuangan yang telah ditetapkan, dan masih banyak contoh manajemen yang lainnya.

Program Studi Manajemen menghasilkan Sarjana Ekonomi yang mampu membangun sikap yang seharusnya dimiliki oleh ilmuwan, memiliki konsep/teori dan perangkat analisis yang dibutuhkan untuk manajemen bisnis dan merumuskan pendekatan-pendekatan pemecahannya pada lini pertama dalam perusahaan/organisasi atau profesi.

Oleh karena itu para mahasiswa yang memilih Program Studi Manajemen akan difokuskan untuk memilih salah satu dari empat konsentrasi yang ditawarkan, yaitu Manajemen Keuangan Bisnis, Manajemen Pemasaran Bisnis, Business Human Capital dan Business Supply Chain dimana setiap konsentrasi  memiliki keunikan dengan konsentrasi lainnya.

Manajemen Keuangan Bisnis

Konsentrasi ini mengajarkan para mahasiswa agar profesional di bidang keuangan yang merupakan salah satu fungsi dari organisasi bisnis dengan kompetensi khusus di bidang corporate finance dan capital market. Para lulusan diharapkan menempati posisi pada lini pertama dalam perusahaan/organisasi atau profesi.  Bidang karier yang siap ditekuni antara lain:

1.Bidang Manajerial yaitu sebagai analis keuangan; analis penganggaran modal; analisa keuangan proyek, analis kredit, pengelolaan kas, perencana dan pengelolaan dana pensiun, pengelolaan foreign exchange, dan sebagainya.

2.Bidang Jasa yaitu sebagai perbankan (bagian kredit dan pengelolaan Bank); Perencana keuangan; pialang; analisis sekuritas; bankir investasi; manajer portopolio.

Manajemen Pemasaran Bisnis

Konsentrasi ini mengajarkan para mahasiswa agar profesional di bidang pemasaran yang merupakan salah satu fungsi dari organisasi bisnis dengan kompetensi khusus di bidang pemasaran dan bagaimana memberikan value yang tinggi kepada konsumen. Mempersiapkan peserta program untuk mampu melakukan analisis, diagnosa yang mendalam terhadap pemecahan masalah dan kasus-kasus pemasaran dalam bisnis melalui persuasi dan komunikasi pemasaran secara terpadu dan efektif (integrated marketing communication). Para lulusan diharapkan menempati posisi pada lini pertama dalam perusahaan/organisasi atau profesi.  Bidang karier yang siap ditekuni antara lain: analis brand, analis produk, konsultan riset pemasatan, analis distribusi, manajer pemasaran, manajer iklan, manajer produk, manajer distribusi, perencana pemasaran dan lain-lain.

Business Human Capital

Konsentrasi ini mengajarkan para mahasiswa agar profesional di bidang human capital yang merupakan salah satu fungsi dari organisasi bisnis dengan kompetensi khusus di bidang hubungan industrial dan strategi human capital. Konsetrasi ini mempersiapkan peserta program untuk mampu melakukan analisis, diagnosa yang mendalam terhadap pemecahan masalah dan kasus-kasus human capital dalam bisnis. Para lulusan diharapkan menempati posisi pada lini pertama dalam perusahaan/organisasi atau profesi.  Bidang karier yang siap ditekuni antara lain: Perencana dan atau Analis Rekrutmen dan Pengembangan SDM, Kepala Divisi Pemberdayaan, Remunerasi dan Kesejahteraan SDM, Kepala  Kerumahtanggaan SDM , Manajer SDM, konsultan hubungan industrial dan lain-lain.

Business Operation

Konsentrasi ini mengajarkan para mahasiswa agar profesional di bidang produksi / operasional bisnis yang merupakan salah satu fungsi dari organisasi bisnis dengan kompetensi khusus di bidang supply chain dan logistic. Mempersiapkan peserta program untuk mampu melakukan analisis, diagnosa yang mendalam terhadap pemecahan masalah dan kasus-kasus pelaksanaan operasi dan produksi dalam bisnis. Para lulusan diharapkan menempati posisi pada lini pertama dalam perusahaan/organisasi atau profesi.  Bidang karier yang siap ditekuni antara lain: manajer supply chain dan logistic; supervisor logistik, perencana supply chain dan logistic, perencana proses manajemen dan lain-lain.

Inilah enam alasan utama mengapa harus memilih Program Studi Manajemen Universitas Bakrie:

1.Program Studi Tertua di Universitas Bakrie

Program studi  manajemen merupakan program studi pertama saat masih bernama Bakrie School of  Management (BSM) yang didirikan pada tahun 2006. Program studi manajemen sendiri telah meluluskan sebanyak 5 angkatan di Universitas Bakrie selama masa berdirinya hingga tahun 2015.

2.Memiliki Akreditasi “B”

Akreditasi menjadi pertimbangan setiap orang tua siswa maupun siswa itu sendiri untuk memilih perguruan tinggi sebagai studi lanjutan. Program studi manajemen Universitas Bakrie memperoleh akreditasi peringkat B yang berlaku sampai bulan Februari 2016. SaatinisedangberprosesuntukmendapatkanakreditasiA.Data ini berdasarkan keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) No. 044/BAN-PT/Ak-XIII/S1/II/2011.

3.Program studi Terfavorit di Universitas Bakrie

Program studi manajemen saat ini adalah program studi terfavorit di Universitas Bakrie, ini dibuktikandengan jumlah mahasiswa program studi manajemen angkatan 2014 merupakan jumlah mahasiswa terbanyak di Universitas Bakrie pada angkatan 2014.

4.Kualitas Dosen yang Terjamin

Program studi manajemen memiliki  dosen-dosen  kualifikasi S2 dan S3 lulusan dalam dan luar negeri dengan tingkat kompetensi yang sangat tinggi, yang berpengalaman baik dalam hal teori maupun praktek sesuai bidang keahliannya masing-masing.

5.Meraih Banyak Prestasi untuk Universitas Bakrie

Mahasiswa program studi manajemen telah banyak menyumbangkan piala untuk Universitas Bakrie, baik dalam bidang akademik maupun non akademik. Contohnya mahasiswa program studi manajemen memenangkan lomba ALSA National English Competition. Kategori Paper Presentation sebagai juara 3 tingkat nasional, dan masih banyak lagi. Dapat dilihat di link berikut 

6.Memiliki Kurikulum yang Up To Date

Kurikulum program studi manajemen selalu disusun up to date mengikuti perkembangan dan kekinian, sehingga mahasiswa kelak menjadi lulusan yang mampu beradaptasi dengan lingkungan baru di pekerjaannya masing-masing. Kurikulum mengacu pada model pembelajaran yang menggabungkan technical-skill based dengan komponen soft-skill based learning dalam upaya menumbuhkan nilai dan jiwa  entrepreuner pada mahasiswa.

 

-Keunggulan Universitas Bakrie dari pada universitas lain

*Mahasiswa ditumbuhkembangkan kreatifitas berfikir untuk memiliki jiwa wirausaha 

*Mahasiswa tidak hanya belajar teori, tetapi juga dengan praktik-praktik nyata di lapangan melalui Guest Lecturer dan Company Visit setiap semester.

*Mahasiswa di didik oleh dosen berkualitas dan berpengalaman

* Mempunyai full AC di setiap ruangan kelas dan kampus

* Tempat yang strategis yaitu berada di kawasan Elite Epicentrum

 

 

 

 

 

 

 

Kurikulum  prodi manajemen disusun selalu up to date mengikuti perkembangan dan kekinian, sehingga mahasiswa kelak menjadi lulusan yang mampu segera beradaptasi dengan lingkungan baru di pekerjaannya masing-masing. Kurikulum mengacu pada model pembelajaran yang menggabungkan technical-skill based dengan komponen soft-skill based learning dalam upaya menumbuhkan nilai dan jiwa entrepreuner pada mahasiswa.
Semester 1Semester 2Semester 3Semester 4Semester 5Semester 6Semester 7Semester 8

 

Kode Baru Nama Mata Kuliah SKS Mata Kuliah Prasyarat 2) Kelompok Mata Kuliah
MNJ108 Pengantar Manajemen dan Bisnis/Principles of Management and Business 3   MKK
AKT101 Pengantar Akuntansi/Principles of Accounting 4   MKK
MNJ102 Ekonomi Mikro/Microeconomics 3   MKK
MNJ104 Matematika Bisnis/Business Mathematics 3   MKK
MNJ107 Komunikasi Bisnis/Business Communication 3   MKB
UNI102 Agama/Religion 2   MPK
Total SKS 18    

Kode Baru Nama Mata Kuliah SKS Mata Kuliah Prasyarat 2) Kelompok Mata Kuliah
MNJ105 Statistika Bisnis/Business Statistics 4 MNJ104 MKK
MNJ103 Ekonomi Makro/Macroeconomics 3   MKK
MNJ106 Komputer Bisnis Terapan/Applied Business Computer 4   MKK
UNI101 Bahasa Indonesia 2   MPK
UNI104 Bahasa Inggris I/English I 3   MKK
UNI107 Sosiologi/Sociology 2   MBB
Total SKS 18    
Kode Baru Nama Mata Kuliah SKS Mata Kuliah Prasyarat 2) Kelompok Mata Kuliah
MNJ202 Keuangan Perusahaan I/Corporate Finance I 3 AKT101 MKB
MNJ312 Pengembangan Kreativitas/Creativity Development 3 MNJ108 MKK
MNJ211 Hukum Bisnis/Business Law 3   MBB
UNI204 Bahasa Inggris II/English II 3 UNI104 MKK
MNJ205 Kewirausahaan/Entrepreneurship 3 MNJ108 MKB
UNI106 Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan 3   MPK
MNJ304 Manajemen Krisis/Crisis Management 3 MNJ108 MKB
Total SKS 21    
Kode Baru Nama Mata Kuliah SKS Mata Kuliah Prasyarat 2) Kelompok Mata Kuliah
MNJ208 Lembaga dan Pasar Keuangan/Financial Market and Institutions 3   MKB
MNJ206 Keuangan Perusahaan II/Corporate Finance II 3 MNJ202 MKB
MNJ212 Manajemen Proyek/Project Management 3 MNJ108 MKB
MNJ209 Pemodelan Keputusan Bisnis/Business Decision Modelling 3   MPB
MNJ213 Kepemimpinan Positif/Positive Leadership 3 MNJ108 MPB
MNJ214 Bisnis Digital & Industri 4.0/Digital Business & Industry 4.0 3   MKB
MNJ314 Manajemen Pemasaran/Marketing Management 3 MNJ108 MKB
Total SKS 21    
Kode Baru Nama Mata Kuliah SKS Mata Kuliah Prasyarat 2) Kelompok Mata Kuliah
MNJ310 Manajemen Operasi dan Produksi/Production and Operations Management 3 MNJ108 MKB
AKT202 Akuntansi Manajerial I/Managerial Accounting I 4 AKT101 MKB
MNJ313 Perilaku Konsumen/Consumer Behavior 3 MNJ108 MKB
AKT304 Perilaku Organisasi /Organizational Behavior 3 MNJ108 MPB
MNJ311 Manajemen Sumber Daya Manusia/Human Resources Management 3 MNJ108 MKB
MNJ203 Tata Kelola Perusahaan/Corporate Governance 3   MKB
Total SKS 19    
Kode Baru Nama Mata Kuliah SKS Mata Kuliah Prasyarat 2) Kelompok Mata Kuliah
MNJ315 Corporate Entrepreneurship & Inovasi/Corporate Entrepreneurship & Innovation 3   MKB
AKT304 Analisis Laporan Keuangan/Financial Statement Analysis 4 AKT101 MKB
MNJ305 Etika Bisnis/Business Ethics 3   MKB
MNJ204 Riset Bisnis/Business Research 3 MNJ105m MNJ 314, MNJ 206, MNJ 310 MKB
MNJ308 Pengelolaan Bisnis Internasional/                           Managing International Business 3 MNJ108 MKB
MNJ301 Pengembangan Keterampilan Kewirausahaan/          Entrepreneurial Skills Development 3 MNJ205 MKB
Total SKS 19    
Kode Baru Nama Mata Kuliah SKS Mata Kuliah Prasyarat 2) Kelompok Mata Kuliah
MNJ402 Manajemen Strategik/Strategic Management 4 MNJ310 MKB
MNJ314 MNJ310
MNJ401 Pemasaran Jasa/Service Marketing 3 MNJ314 MKB
MNJ488 Magang 1)/Corporate Internship 1) 3 MNJ204 MBB
  Pilihan I/Elective I 3    
  Pilihan II/Elective II 3    
Total SKS 16    
Kode Baru Nama Mata Kuliah SKS Mata Kuliah Prasyarat 2) Kelompok Mata Kuliah
MNJ499 Skripsi/Tugas Akhir/Final Assignment 6 MNJ204 MKB
  Pilihan III/Elective III 3    
  Pilihan IV/Elective IV 3    
Total SKS 12    
Kode Baru Nama Mata Kuliah Pilihan  SKS Mata Kuliah Prasyarat 2) Kelompok Mata Kuliah
MNJ408 Manajemen Rantai Pasokan/                                Supply Chain Management 3 MNJ310 MKB
MNJ406 Manajemen Kualitas/Quality Management 3 MNJ105 MKB
MNJ412 Pemasaran Digital/Digital Marketing 3 MNJ 108 MKB
MNJ413 Komunikasi Pemasaran/Marketing Communication 3 MNJ 108 MKB
MNJ403 Manajemen Investasi/Investment Management 3 MNJ202 MKB
MNJ414 Analisis Sumber Daya Manusia/Human Resources Analytics 3 MNJ311 MKB
MNJ415 Sumber Daya Manusia Global/Global Human Resources 3 MNJ311 MKB
MNJ407 Manajemen Risiko Perusahaan 3 MNJ105 MKB
 
 
  

Visi

Menjadi program studi S1 Manajemen terkemuka di Indonesia dan dikenal secara global , dalam menghasilkan karya maupun lulusan yg memberikan dampak dan perubahan positif signifikan pada dunia bisnis dan masyarakat luas.

 

Misi

  • Menyelenggarakan pendidikan dengan sistem pembelajaran yang terintegrasi dengan lingkungan bisnis yang  kuat , yang didukung oleh penguasaan perangkat teknologi yang tinggi dan penggunaan beragam literature akademik yang up to date.
  • Membangun academic atmosphere yang mendukung pencapaian  sasaran intrapreneur danentrepreneurship yang tangguh.
  • Melaksanakan kegiatan riset unggulan di berbagai disiplin ilmu manajemen dan bisnis untuk menghasilkan temuan-temuan sebagai dasar dalam menyusun kebijakan berlandaskan  kasus bisnis nasional dan global.
  • Melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat di bidang ilmu pengetahuan (advisory services), teknologi dan bisnis yang dapat memberikan manfaat pada usaha kecil menengah (small-medium enterprises), sektor swasta maupun pemerintah.

Program studi manajemen merupakan program studi (prodi) pertama saat masih bernama Bakrie School of Management (BSM) dan saat ini menjadi prodi unggulan di Universitas Bakrie. Berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT)  No. SK Akreditasi Prodi Manajemen: No. 0811/SK/BAN-PT/Akred/S/VI/2016. prodi manajemen Universitas Bakrie memperoleh akreditasi peringkat B yang berlaku sampai bulan Februari 2021. Saat ini sedang berproses untuk mendapatkan akreditasi A. Pada tahun 2013, prodi manajemen meraih predikat “ The Best School of Management “ dari MIX Marketing Communications Magazine (SWA Group).

Selengkapnya...

Info Magang