Bangsa Jepang merupakan salah satu contoh masyarakat di dunia yang sangat memperhatikan pola konsumsi pangannya. Pangan yang dikonsumsi tidak hanya masalah kecukupan nilai gizi, tetapi juga terkait dengan efek fisiologis yang dapat mempengaruhi kesehatan. Istilah ini kemudian berkembang dengan nama pangan fungsional. Jepang merupakan satu-satunya negara yang memiliki aturan baku tentang pangan fungsional dan saat ini pasar pangan fungsional di Jepang merupakan pasar yang terdepan di dunia.

Apa jadinya bila mahasiswa belajar langsung teknologi pangan di Jepang? Prodi Ilmu dan Teknologi Pangan (ITP) Universitas Bakrie akan memberangkatkan 5 mahasiswa/i nya untuk belajar langsung mengenai penelitian, atmosfir akademik, dan budaya bidang pangan di Tohoku University.

Para mahasiswa ITP Universitas Bakrie akan belajar dan mengenal lebih jauh tentang pengembangan produk pangan yang berasal dari hasil-hasil pertanian, perikanan, dan ternak di International Research and Education Center for Food and Agricultural Immunology (CFAI), Graduate School of Agricultural Science, Tohoku University. Para mahasiswa akan didampingi langsung oleh dosen dan mahasiswa dari Tohoku University.