Hi Jubers,

Bagaimana hari mu? Sudah seminggu kita menjalani perkuliahan semester genap. Nah untuk kamu nih mahasiswa yang mengambil ‘Tugas Akhir’ alias skripsi- adalah pintu untuk bisa wisuda dan lulus dari suatu universitas. Berikut ada tips nih untuk kamu agar tidak jadi beban, yuk cek tips dari mimin berikut ini.

Jangan malas untuk memulai

Supaya skripsi dapat selesai tepat waktu, maka jangan pernah malas untuk memulai. Harus ada niat. Jangan pernah menunda untuk mulai menulis skripsi. Ingat, semakin cepat kamu memulainya, akan semakin cepat kamu menyelesaikannya. Memang tidak mudah untuk memulai melakukan sesuatu. Maka dari itu, kita harus memiliki tujuan, motivasi, dan semangat untuk melakukannya. Mengerjakan skripsi mungkin tidak menyenangkan. Akan tetapi, percayalah, ketika kita mampu menyelesaikannya, kita akan merasa lega dan mungkin bangga terhadap diri kita atas hasil yang diperoleh.

Kerjakan skripsimu secara rutin

Bila perlu, buat jadwal khusus setiap harinya untuk mengerjakan skripsi. Tapi, ingat, kamu harus menepati jadwal-jadwal yang sudah kamu buat. Contohnya, satu hari kamu mengerjakan skripsimu selama 5 jam. Ini akan membantu kamu untuk tetap mengerjakannya.

Nah, bagi kamu yang sedang menjalani kegiatan internship atau part time¸ pergunakanlah waktu weekendmu sebaik-baiknya atau gunakan waktu sela-sela internship mu.

Pasanglah targetmu sendiri

Nah, hal ini memang sangat perlu. Coba deh, tanyakan pada dirimu sendiri, kapan kamu mau lulus? Seperti halnya ketika kita baru tamat SMA, pasti kita akan buat target. Misalnya, mau kuliah dimana atau memilih untuk kerja setelah lulus?