fbpx

PENGUATAN SKILL & KOMPENTENSI PROGRAMER MENUJU REVOLUSI INDUSTRI 4.0. TUGAS : UKM BERBASIS ANDROID

 

Head of Corporate Information Technology PT Bakrieland Development Tbk. R.Maart Adi  Waskita menyampaikan materi tentang industri 4.0 yang merupakan fenomena yang mengkolaborasikan teknologi cyber dan teknologi otomatisasi, konsep penerapannya berpusat pada konsep otomatisasi yang dilakukan oleh teknologi tanpa memerlukan sumber daya manusia dalam proses pengaplikasiannya, dalam revolusi 4.0 akan ada teknologi yang akan menjadi pilar utama untuk mengembangkan sebuah industry biasa menuju industri yang siap secara digital diantaranya adalah yang pertama IoT, Big Data, Augmented Reality, Cyber Security, Artificial Intelligence, Addictive Manufacturing, Simulation, System Integration, Cloud Computing yang merupakan macam-macam industry 4.0 yang sudah di aplikasikan.

 

Dalam dunia IT kemampuan/hard skill yang dimiliki seseorang pasti menjadi nilai utama yang dilihat ketika hendak mencari pekerjaan, namun selain hard skill banyak penelitian yang telah dilakukan yang menunjukkan pentingnya soft skills pada dunia kerja. Hard skills merupakan penguasaan ilmu pengetahuan teknologi dan keterampilan teknis yang berhubungan dengan bidang ilmunya. Sedangkan soft  skills merupakan keterampilan seseorang dalam berhubungan dengan orang lain dan keterampilan dalam mengatur dirinya sendiri yang mampu mengembangkan secara maksimal untuk kerja seseorang di dalam soft skills seseorang harus memiliki 5 komponen yaitu networking, creative thinking, time management, conflict resolution.

Selanjutnya application mobile merupakan sebuah aplikasi yang memungkinkan anda melakukan mobilitas dengan menggunakan perlengkapan seperti PDA, telepon seluler atau handphone, dengan menggunakan aplikasi mobile anda dapat dengan mudah melakukan berbagai macam aktivitas mulai dari berjualan, hiburan belajar, browsing dan mengerjakan pekerjaan kantor.

Di dalam platform mobile terdapat beberapa system operasi seperti yang diciptakan oleh google yaitu chrome, OS, dari Huawei ada Harmoni OS, kemudian system operasi yang diciptakan oleh Samsung yaitu Tizen OS, terakhir OS yang diciptakan oleh Amazon kindle fire, dan masih banyak sistem operasi mobile lainnya.

Aplikasi android berbasis web memberikan gambaran bagaimana sebuah aplikasi web dapat di konversi menjadi aplikasi android, seperti android studio dan MIT Application Investor yang dibahas dan dipelajari pada pelatihan pembuatan yang sudah dilakukan.