Universitas Bakrie Mendukung Gerakan Nasional Pemuda Kreatif

Universitas Bakrie (8/9)- Dalam rangka memberikan wadah untuk gelar karya kreatif pemuda dan untuk meningkatkan partisipasi/peran aktif pemuda dalam membangun dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara,

Kementerian Pemuda dan Olahraga melalui Asisten Deputi Peningkatan Kreativitas Pemuda, Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda, menyelenggarakan kegiatan “PAMERAN NASIONAL KARYA KREATIF PEMUDA BIDANG TEKNOLOGI INFORMASI PERANGKAT LUNAK”yang dilaksanakan pada hari ini, Kamis tanggal 8 September 2016, bertempat di Universitas Bakrie, Komplek Epicentrum, Jl. HR. Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, bekerjasama dengan komunitas pemuda yang tergabung dalam anakmuda.net yang didirikan oleh Aryo Moedanton alumni Universitas Bakrie.

Pameran Karya Kreatif Pemuda Bidang Teknologi Informasi Perangkat Lunak ini dibuka secara resmi oleh Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga Dra. Adiati Noerdin MA. Dalam sambutannya satu kata yang harus diingat adalah "Dare to Dream" sebagai pemuda harus berani bermimpi, karena tantangan hidup ke depan penuh dinamika, singsingkan lengan untuk menatap masa depan, menantang diri sendiri untuk meningkatkan kemampuan diri.

Sementara itu menurut Dekan Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Dr. Dudi Rudianto, SE, M.Si., Universitas Bakrie mendukung kegiatan Kemenpora, karena Indonesia masih membutuhkan 5 juta entrepreneur muda yang bisa berkembang dengan kreativitas dan inovasi.

Pameran ini diikuti oleh expo karya kreatif pemuda sebanyak 15 stand/booth dari Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Makassar, dengan peserta expo karya kreatif pemuda tersebut meliputi: (1) Ahlijasa; (2) anakmuda.net; (3) Boonda Convergence; (4) Institut Teknologi Bandung; (5) Institut Teknologi Bandung II; (6) Mobilepulsa; (7) Ojessy; (8) Pivote; (9) Playstory; (10) Politeknik Negeri Jakarta; (11) Politeknik Negeri Jakarta II; (12) Telkom; (13) Univ Islam Negeri Bandung; (14) Urfarm; (15) Virtual Reality.
Kemudian untuk talk show ataupun seminar pada`acara ini meliputi topik bahasan:
1. Peran Kemenpora dalam Peningkatan Kreativitas Pemuda Indonesia, Oleh: Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda dan Asdep Peningkatan Kreativitas Pemuda;
2. Finding Your Passion, What are the Do’s, dont’s and shoulds, Oleh: Vicario Reinaldo (People Development Enthasusiant);
3. Meet the Investors: What They Want and What You Have, Oleh: Convergence Ventures Team;
4. Deep Insight : Introduction to Software Management and Technology, Oleh: Volantech Io Team.

Coaching Clinic untuk pemuda kreatif bidang TI Perangkat Lunak, akan diberikan materi tentang bagaimana membangun software mudah dan berpotensi, yang akan dipandu oleh Volantech Io Team dan anakmuda.net. Coaching Clinic Software ditujukan untuk merangsang minat pemuda Indonesia untuk menjadi sosok yang kreatif khususnya di bidang TI perangkat lunak, juga untuk memberikan pemahaman, pengetahuan dan meningkatkan kemampuan pemuda khususnya pengembangan potensi, kreasi dan daya cipta pemuda untuk berinovasi didalam pengembangan perangkat lunak (software).

Temu komunitas, akan fokus kepada bagaimana mengembangkan komunitas pemuda kreatif bidang TI perangkat lunak dan bagaimana membangun jejaring pemuda kreatif yang efektif. Kegiatan temu komunitas ini akan dipandu oleh Tim dari Asdep Peningkatan Kreativitas Pemuda bersama anakmuda.net.

Penyelenggaraan pameran ini merupakan gelar karya kreatif yang akan ditindaklanjuti dan di implementasikan oleh para pemuda kreatif, sehingga mempunyai manfaat bagi dirinya, masyarakat dan lingkungannya. Dalam kesempatan yang sama pemuda diharapkan dapat mengembangkan potensi kreativitasnya untuk menciptakan karya kreatifnya sehinggga minimal menjadi modal kemandirian untuk memenuhi kebutuhan dirinya sendiri.

Hadir sebagai pembicara adalah Plh Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda (Dra. Adiati Noerdin, MA), Asdep Peningkatan Kreativitas Pemuda (Dr. Ir. Eny Budi Sri Haryani, MSi), Vicario Reinaldo seorang People Development Trainer, Aryo Moedanton – Founder anakmuda.net dan Volantech io, sebuah perusahaan Software yang didirikan oleh 3 pemuda Indonesia. Acara ini didukung pula oleh Convergence Ventures.

Pemuda peserta expo dan pengunjung diharapkan terdiri dari usia 16 s/d 30 tahun. Sedangkan narasumber berasal dari Kementerian Pemuda dan Olahraga dan institusi terkait lainnya, juga tokoh-tokoh profesional dibidangnya, serta Praktisi Industri TI Perangkat Lunak (Software).

Asisten Deputi Peningkatan Kreativitas Pemuda dalam talkshow akan memberikan penjelasan bahwa Pemerintah melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga berupaya agar tujuan mengembangkan karakter kreatif pemuda dapat terlaksana dengan baik. Selanjutnya bahwa, kegiatan ini adalah salah satu bentuk penghargaan terhadap para pemuda kreatif, yang telah berhasil memiliki karya kreatif, khususnya di bidang TI perangkat lunak, suatu hal yang saat ini tengah menjadi trend di Indonesia.

Acara pameran ini mengangkat tema “Beyond the Apps : Mengembangkan Pola Pikir Kreatif Pemuda dalam Mengembangkan Teknologi” digelar di salah satu sentra aktivitas pemuda kreatif, yaitu di Plaza Festival dan Universitas Bakrie, Kompleks Epicentrum, Jl. HR. Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan ini dilangsungkan selama 1 hari, yaitu hari Kamis tanggal 8 September 2016 mulai dari pukul 08.00 s/d 20.00 WIB.

Acara talkshow pada pameran ini juga disiarkan secara live streaming, untuk mengaksespun sangat mudah yakni dengan membuka link tautan youtube.com/c/ruanganakmudaindonesia.

Untuk kompetisi karya kreatif peserta expo akan dilakukan penjurian oleh tim juri. Kompetisi juga dilakukan untuk stand terbaik dan akan disediakan hadiah dan piagam. Para peserta expo karya kreatif, kompetisi dan peserta temu komunitas, selanjutnya akan menjadi pemuda kreatif binaan Kementerian Pemuda dan Olahraga. Mereka akan diberikan fasilitasi kegiatan yang sesuai, misalnya untuk melakukan pelatihan-pelatihan lanjutan, untuk pengembangan karya kreatif, bersinegi dengan K/L terkait dan/atau dengan pihak sponsor.

Pameran ini terbuka untuk umum dan diharapkan mampu mendatangkan banyak pengunjung, terutama para pemuda kreatif (usia 16-30 tahun). Para komunitas kreatif TI Perangkat Lunak akan hadir, dimana didalamnya banyak tokoh-tokoh muda kreatif potensial, yang harus didorong untuk menjadi pemuda kreatif yang berkapasitas.

Penyelenggaraan kegiatan pameran ini juga merupakan rangkaian ”Menuju Gerakan Nasional Pemuda Kreatif”. Dengan diselenggarakannya pameran ini diharapkan dapat mendorong lahirnya pemuda-pemuda kreatif, dengan karya-karya kreatif yang bermutu. Sehingga pemuda kita mampu menjadi pemuda yang kreatif, mandiri dan berdaya saing tinggi.

Hadirnya pemerintah dalam hal ini Asisten Deputi Peningkatan Kreativitas Pemuda, Kementerian Pemuda dan Olahraga, dalam kegiatan pameran ini diharapkan dapat menjadi wadah para insan kreatif muda dalam mempromosikan dan mengembangkan karya kreatif, serta pikiran-pikiran kreatif utamanya bidang TI Perangkat Lunak.