fbpx

GUEST LECTURE PROGRAM STUDI ILMU POLITIK “ORIENTASI KEBIJAKAN LUAR NEGERI AMERIKA SERIKAT PASCA PILPRES 2020”

Program Studi Ilmu Politik Universitas Bakrie mengadakan Guest Lecture dengan tema “Orientasi Kebijakan Luar Negeri Amerika Serikat Pasca Pilpres 2020” yang diadakan secara virtual menggunakan aplikasi Zoom dan disiarkan secara langsung melalui YouTube Universitas Bakrie pada 04 November 2020 lalu.

Guest Lecture yang dilaksanakan oleh prodi ilmu politik yang dihadiri oleh narasumber, Afrimadona, Ph. D selaku Peneliti Senior Lembaga Nirbala Pengkajian Opini Publik Populi Center dan moderator, Yudha Kurniawan, S.Sos., M.A. selaku Dosen Ilmu Politik Universitas Bakrie.

Dalam webinar kali, beliau memaparkan materi mengenai “Orientasi Kebijakan Luar Negeri Amerika Serikat Pasca Pilpres 2020” . Terlebih dahulu beliau menjelaskan serta mendiskusikan mengenai kebijakan luar negeri AS Pasca pemilu 2020 secara umum serta indikasi bagi kebijakan luar negeri. Mengenai proses seleksi pemilihan president secara popular votes vs electoral votes, dan metode voting.

Menurutnya terdapat perbedaan dari kedua calon president AS dari cara pandang melihat dunia. Trump lebih cenderung melihat dunia itu secara  konfliktual, sedangkan Biden itu lebih kooperatif.

Membahas mengenai Partai politik di amerika serikat seperti republik dan demokrat mempunyai pengaruh yang cukup penting bagi foreign policy. Karena merupakan keterkaitan dengan kebijakan dalam negara AS berikutnya, seperti komposisi partai politik di senat maupun di kongres.

Kegiatan guest lecture yang dilakukan oleh ilmu politik ini, mendapatkan banyak antusias dari dosen, mahasiswa Universitas Bakrie dan juga para anggota yang bergabung dalam kegiatan.