fbpx

GERAKAN INDONESIA MELAYANI WEBINAR: DISEMINASI USULAN REVOLUSI MENTAL DUNIA PENDIDIKAN

Universitas Bakrie bekerja sama dengan Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia, Gerakan Revolusi Nasional Mental , dan Forum Rektor Indonesia menyelenggarakan Webinar Diseminasi Usulan Revolusi Mental Dunia Pendidikan pada hari Kamis, 10 Desember 2020 melalui aplikasi Zoom dan Live pada YouTube Universitas Bakrie.

Webinar yang dibuka oleh Prof. Ir. Sofia W. Alisjahbana, M.Sc., Ph.D., Rektor Unversitas Bakrie dan dipandu oleh moderator Astrid MeIlasari Sugiana, Ph.D., Dosen Ilmu Politik Universitas Bakrie ini juga dihadiri oleh Gunardi Endro, Ph.D., Dosen Etika Universitas Bakrie sebagai narasumber diseminasi, serta Dr. Sindung Tjahyadi, M.Hum. Dosen Fakultas Filsafat Universitas Gadjah Mada, Dr. Shoihul Huda M.Fil.I., Dosen FAI Universitas Muhammadiyah Surabaya dan Prof. Dr. Agus Purwadianto DFM, SH, M.Si., SP.F(K)., Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia sebagai penanggap paparan yang disampaikan oleh narasumber.

Webinar kali ini membahas mengenai filosofi yang melandasi revolusi mental etika beserta implikasinya terhadap relasi sosial di bidang pendidikan, kehidupan berbangsa dan beragama. Dalam kehidupan sehari-hari, praktik revolusi mental ialah menjadi manusia yang berintegritas, punya semangat gotong-royong, dan mau bekerja keras.

Menurut Gunardi Endro, Ph.D., salah satu tantangan revolusi mental ialah adanya arus digitalisasi di segala bidang kehidupan dan survival di era industri 4.0. “Kita harus bisa menyesuaikan diri dengan berkembangnya teknologi industri 4.0 agar dapat survive, salah satu caranya ialah melalui usulan revolusi mental dengan restorasi daya sintesis yang merupakan upaya to disrupt the disruption”, ujarnya.