fbpx

TIM DOSEN UNIVERSITAS BAKRIE MERAIH SILVER MEDAL DALAM KOMPETISI INOVASI INTERNASIONAL “1 IDEA 1 WORLD”, TURKI 2021

Tim Dosen Universitas Bakrie yang terdiri dari Jouvan Chandra Pratama Putra, S.T., M.Eng. (Prodi Teknik Sipil), Safrilah, S.T., M.Sc., (Prodi Teknik Sipil), Sigit Wijayanto, B.Sc., M.Sc. (Prodi Sistem Informasi) dan Mirsa Diah Novianti, S.T., M.T. (Prodi Teknik Industri) sukses meraih Silver Medal pada Kompetisi International Innovation, Design and Startup yang diselenggarakan oleh TUMMIAD, Asosiasi Inventor Turki, secara daring pada tanggal 7 Maret 2021.

Kompetisi inovasi bergengsi tingkat Internasional yang mengusung konsep 1 Idea 1 World diikuti oleh      23 negara. Dari total 731 research projects yang mendaftar, diterima 347 research projects untuk berkompetisi dalam event ini. Dari projects tersebut, terseleksi 171 research projects yang memenangkan kompetisi inovasi internasional ini. Setelah melalui tahapan abstrak, full paper dan presentasi yang dilakukan secara bersamaan, Tim Dosen Universitas Bakrie berhasil lolos dan menjadi bagian dari 171 research projects yang memenangkan kompetisi inovasi internasional ini.

Tim Dosen Universitas Bakrie melakukan inovasi dalam peningkatan kualitas udara di dalam ruangan melalui kajiannya yang berjudul “Zeolite Modification and Its Application to Indoor Air Quality Control”.  Penelitian ini berfokus pada kualitas udara di dalam ruangan. Dari studi literatur yang digunakan, diperoleh bahwa 90% aktivitas yang dilakukan oleh seseorang berada di dalam ruangan. Telah ditemukan bahwa tingkat pencemaran udara di dalam ruangan, dengan menggunakan salah satu indikator berupa jumlah CO2, ternyata melebihi batas ambang jumlah CO2yang diijinkan. Serangkaian uji coba telah dilakukan untuk mengendalikan jumlah CO2 di dalam ruangan dengan menggunakan batu zeolit yang telah dimodifikasi sebagai penyaring udara. Uji coba ini berhasil meningkatkan fungsi absorban dari batu zeolit secara efektif sehingga mampu menurunkan kadar CO2 di dalam ruangan dengan signifikan ke dalam batas ambang kadar CO2 yang diijinkan. Dengan penggunaan batu zeolit yang telah dimodifikasi sebagai penyaring udara, dapat tercipta lingkungan yang nyaman dan sehat serta berdampak pada ketahanan lingkungan.