Keren! Terlibat dalam Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat, Mahasiswa Ilmu Komunikasi menjadi Brand Advocacy

Kerjasama dua Program Studi (Prodi) Universitas Bakrie yaitu Prodi Ilmu dan Teknologi Pangan dan Prodi Ilmu Komunikasi melakukan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM), sebagai kewajiban menjalankan Tridharma Dosen. Dalam kegiatan ini, mahasiswa dilibatkan sebagai penerapan experiential learningdalam menjalankan

kegiatan belajar. Terlibat dalam kegiatan PkM, sejumlah mahasiswa dari Prodi Ilmu Komunikasi memberikan arahan kepada peserta dalam mengikuti seminar dalam PkM.

Pancoranmenjadi kawasan yang dilirik sebagai objek. Pancoran merupakan salah satu kecamatan di Jakarta Selatan dengan tingkat kepadatan penduduk yang sangat tinggi. Daerah ini masih banyak warga dengan tingkat ekonomi menengah ke bawah, dimana para perempuannya, yangkebanyakan ibu-ibu muda dalam usia produktif tidak memiliki pekerjaan tetap. Padahal mereka memiliki potensi yang besar untuk berkembang.Komunitas Wanita Pengusaha Jualan Dagangan Mandiri atau biasa disebut Kota Pelangimerupakan komunitas yang cukup potensial di kawasan Pancoran. Beranggotakan perempuan-perempuan kreatif, komunitas ini memiliki jiwa wirausaha dan mandiri.

Foto: Wulan, salah satu mahasiswa Ilmu Komunikasi memberikan arahan tentang Brand

Masalah inilah yang menjadi perhatian kedua Program Studi dari Universitas Bakrie ini memberikan Pelatihan. Khsusus bagi Prodi Ilmu Komunikasi, pelatihan dan pendampingan ini fokus pada branding dan packaging. Setiap pemilik usaha diajarkan bagaimana membangun branding. Mahasiswa dilibatkan dalam mendampingi kegiatan ini. Menjadi Brand Advocacy, mereka akan merekomendasikan merek atau produkkepada peserta. Mereka juga akan mengajarkan kepada peserta, bagaimana menciptakan merk, mengembangkan produk hingga memasarkannya.Keterlibatan ini yang menjadi fokus Prodi Ilmu Komunikasi dalam menerapkan experiential learning dalam berbagai kegiatan perkuliahan, salah satunya terlibat aktif dalam kegiatan dosen.

Foto: Mahasiswa Ilmu Komunikasi besama Dosen dan peserta PKM

Selain bertujuan menghasilkan kemampuan hardskill yang berkualitas, Prodi Ilmu Komunikasi mengaharapkan mahasiswa mampu perduli dengan isu lingkungan dan bagaimana mengaplikasikannya dalam disiplin Ilmu Komunikasi, seperti bagaimana mampu memandu masyarakat dalam mengembangkan usaha, mengedukasi dalam hal penggunaan media informasi hingga belajar menjadi seseorang yang mampu sebagai stakeholder.