fbpx

LECTURER AND STUDENTS OF INFORMATION SYSTEM VISIT KING MONGKUT’s UNIVERSITY OF TECHNOLOGY NORTH BANGKOK

Program Studi Sistem Informasi (SIF) Universitas Bakrie, telah berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pembelajaran melalui program Experiential LearningmelaluiLecturer and Students visit ke beberapa kampus di luar negeri. Beberapa waktu lalu Tim dosen dan mahasiswa telah berkunjungt ke Malaysia. Kunjungan kali ini

adalah negara Thailand (negara yang dikenal sebagai gajah putih) tepatnya ke UniversitasKing Mongkut’s University of Technology North Bangkok (KMUTNB).

KMUTNB telah berdiri lebih dari 25 tahun dengan dua kampus lainnya selain Bangkok Utara (North Bangkok), yaitu Provinsi Rayong dan Provinsi Prachinburi. Setiap kampus merupakan cerminan keturunan raja-raja Thailand. Kampus berlokasi di 1518 Pibulsongkram Road Pracharat 1, Wongsawang, Bangsue, Bangkok 10800 dengan luas area sampai 13,35 hektar yang terdiri dari 13 gedung akademik, 5 bengkel, dan 9 area lainnya.

Tim dosen terdiri dari Kaprodi SIF (Dr. Siti Rohajawati), Dosen SIF (Hutanti Setyodewi, MMSi), dan dua orang mahasiswa angkatan 2016 (Nadya Tauhida Septriani) dan angkatan 2017 (Latifah Rahma). Kunjungan dilakukan tanggal 3 – 6 Juli 2019. Area kampus yang dijadikan studi adalah ruangan belajar mengajar, laboratorium, dan fasilitas perpustakaan.

 

Rombongan diterima oleh Gridhapat S., Ph.D.dan Prachyaporn Liang, Ph.D. seperti yang dipublikasikan di laman media https://www.facebook.com/stjati. Hal yang unik yang dapat dipetik dari kunjungan ini adalah adanya kedisiplinan dan ketertiban pada setiap akademisi (mahasiswa dan dosen serta staf yang lainnya) saat bekerja dan beraktivitas di kampus. Ruangan belajar sama dan mirip dengan kampus Universitas Bakrie yang dilengkapi dengan audio, dan perangkat teknologi guna memudahkan penyampaian materi. Laboratorium terbagi kedalam beberapa klasifikasi (network, software engineering, databasedan sebagainya) dengan aplikasi yang terkini. Pembelajaran menggunakan bilingual(Bahasa Thailand dan English). Begitu pula dengan perpustakaan, proses peminjaman serta ruangan sangatlah memungkinkan bagi sivitas akademi untuk belajar dengan tenang. Secara keseluruhan kondisi di sana sangatlah serupa dengan kampus Universitas Bakrie, sehingga mahasiswa Prodi SIF sangat bersyukur bahwa Kampus ternama di Thailand tidak jauh berbeda dengan fasilitas dan pembelajaran dengan Universitas Bakrie.

Ayo mari bergabung dengan Prodi Sistem Informasi Universitas Bakrie (SIF-UB) untuk pengalaman selanjutnya dengan berkunjung dan belajar ke beberapa negara.