fbpx

Belajar Rekayasa Drainase dan Sewerage ke BBWS Ciliwung - Cisadane

Selasa (24/5), Field Visit Program (FVP) Prodi Teknik Lingkungan Universitas Bakrie pada hari Selasa, 24 Mei 2016 ke Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Ciliwung-Cisadane yang  bertujuan untuk mendapatkan informasi kegiatan pembangunan sistem drainase kota Jakarta.

Program kunjungan ini merupakan salah satu program yang ditujukan kepada mahasiswa semester 6 yang sedang mengambil mata kuliah Rekayasa  Drainase dan Sewerage. Rombongan yang berjumlah 13 orang terdiri dari 2 Dosen dan 11 Mahasiswa diterima di Aula kantor BBWS Ciliwung-Cisadane.


Sesi pemaparan pertama diisi oleh Pak Parno yang mempresentasikan sejarah dan program penanggulangan banjir di daerah Jakarta dimulai dari pembuatan banjir kanal timur (BKT) sampai dengan pembangunan banjir kanal barat (BKB). Setelah sesi pemaparan mahasiswa diberikan waktu untuk istirahat makan dan sholat dzuhur. Setelah istirahat, rombongan diajak melihat langsung program penanggulangan banjir yang ada di Kampung Pulo, Jakarta Timur. Setelah tiba di kampung Pulo, rombongan dijelaskan sistem penanggulangan banjir yang akan diterapkan disana. Akan dibangun sodetan dan disediakan pompa yang akan selalu siap untuk memompa air ke laut jika debit sudah melampaui kapasitas penampungan. Pompa cadangan akan disiapkan beserta pompa portable dari kantor BBWS Ciliwung-Cisadane jika terjadi kerusakan pompa utama sehingga luapan air dapat dihindari.


Setelah sesi penjabaran di Kampung Pulo, rombongan diajak mengunjungi rumah pompa yang ada di Pluit, Jakarta Utara. Tersedia 3 rumah pompa dengan kapasitas hisap air masing-masing adalah  5 m3/detik. Bersama pompa-pompa yang ada di sisi barat dan tengah, mereka menciptakan total daya hisap sampai 49 m3/detik. Pompa tersebut menjaga kestabilan debit air di daerah Jakarta agar tidak terjadi luapan banjir yang dapat membahayakan.