fbpx

Mahasiswa Teknik Lingkungan Mendapatkan Pembekalan Perancangan Kebersihan di Dinas Lingkungan Hidup

Program Studi (Prodi) Teknik Lingkungan Universitas Bakrie (TLK UB) aktif membangun kerjasama dengan berbagai instansi, salah satunya dengan institusi pemerintah, lembaga-lembaga penelitian, serta pihak industri baik dengan Kelompok Usaha Bakrie maupun dengan kelompok industri lainnya.

Kerjasama ini penting artinya untuk menunjang kegiatan belajar mengajar, penambah wawasan para mahasiswa, serta pembekalan kompetensi bagi mahasiswa saat memasuki kegiatan kerja praktek maupun lapangan kerja.

Melalui kunjungan ke Darma Wanita Dinas Lingkungan Hidup, mahasiswa TLK didampingi oleh Ibu Sirin Fairus,STP,MT. kunjungan ini disambut baik oleh Kepala Seksi Pemantauan Kualitas Lingkungan Ibu Dwi Sari Kurniati.

Dwi Sari Kurniati selaku pemateri dalam kegiatan ini memaparkan bahwa Dinas Lingkungan Hidup lebih dikenal dengan Dinas Kebersihan dan Badan pengelolaan Lingkungan hidup. Dinas Lingkungan Hidup ini terbagi dalam beberapa bidang sesuai dengan fungsinya. Mahasiswa Teknik Lingkungan Universitas Bakrie diharapkan dapat mengetahui berbagai bidang tersebut dikarenakan perancangan kebersihan dari yang terkecil yaitu dari Dinas Lingkungan Hidup disetiap kota dan/atau provinsi yang mengatur tentang kajian dan peraturan yang harus ditaati oleh masyarakat, pihak industri dan segala jenis aspek yang berkaitan dengan lingkungan.

Hal tersebut dikarenakan setiap aktivitas yang dilakukan dapat berdampak pada Lingkungan. Oleh karena itu, adanya aturan dari Pemerintah Daerah untuk mencegah terjadinya dampak pencemaran yang ada di lingkungan dengan penanggulangan pencemaran dari sumber-sumber terutama non-point source.

Sesuai dengan parameter Lingkungan, indeks yang diukur yaitu Indeks Kualitas Air, Indeks Kualitas Udara serta kebisingan. Untuk menciptakan Lingkungan Hidup yang sehat diperlukan yaitu dengan cara pencegahan, penanggulangan serta pemeliharaan untuk mendapatkan kondisi lingkungan yang baik dan layak untuk masyarakat.

Kuliah singkat pun dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Yang beberapa diantaranya menanyakan menyangkut mata kuliah pengelolaan kualitas lingkungan.

Kunjungan ini tentunya sangat menyalurkan pengayaan informasi seputar kebijakan-kebijakan negara di bidang Teknik Lingkungan serta terjalinnya kerja sama antara Universitas Bakrie dengan Dinas Lingkungan Hidup. Selain itu, mahasiswa juga Mendapakan informasi mengenai indeks kualitas lingkungan, dan pengetahuan baru dari dampak lingkungan hidup.