fbpx

SEMINAR PEMERIKSAAN PAJAK: BELAJAR MEMAHAMI PROSES PEMERIKSAAN PAJAK

Program Studi Akuntansi Universitas Bakrie mengadakan seminar yang bertema Pemeriksaan Pajak di Ruang 1 dan 2 Universitas Bakrie pada hari Jumat (06/122019) yang bekerja sama dengan Kantor Wilayah DJP Jakarta Selatan I.

Dalam seminar ini, Program Studi Akuntansi turut mengundang narasumber dari Kepala Seksi Administrasi dan Bimbingan Pemeriksaan di Kanwil DJP Jakarta Selatan I, yaitu Bapak F.X Ivan Somolegyono Soebagyo, S.E., M.Si. Seminar ini merupakan kelas umum yang diikuti oleh mahasiswa akuntansi yang dapat menunjang pembelajaran mahasiswa mengenai pemeriksaan pajak. Dalam seminar narasumber sharing mengenai pengalamannya di dunia kerja dan juga memberikan berbagai materi mengenai pajak yang bertumpu dengan Undang-Undang.

Selain itu, narasumber mengajak mahasiswa untuk mengenal apa saja hak dan kewajiban instansi atau individu membayar pajak, kewenangan-kewanangan pemeriksa pajak, kriteria pemeriksaan menguji kepatuhan, hingga alur pemeriksaan pajak yang dapat dipelajari dan diimplementasikan oleh mahasiswa di kemudian hari.

Sebagai moderator di acara ini dan juga dosen Program Studi Akuntansi di Universitas Bakrie, Bapak Rene Johannes S.E., M.Si., Ak., M.Si., M.M., CA mengatakan materi dari seminar ini juga diharapkan dapat diimplementasikan oleh mahasiswa akuntansi pada mata kuliah Simulasi Proses Akuntansi. Selama acara berlangsung, antusiasme dan sambutan meriah ditunjukkan para mahasiswa dan civitas akademika Universitas Bakrie. Acara berlangsung interaktif dan menyenangkan karena mahasiswa aktif bertanya kepada dan juga terdapat kuis yang diberikan oleh Kantor Wilayah DJP Jakarta Selatan I.