fbpx

MENINGKATKAN SKILL PENULISAN DI IMPRINT

Rabu, 13 Maret 2019. Public Relations Officer Club (PROClub) dari Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie telah mengadakan Improving PR Internals (IMPRINT) dengan menghadirkan pembicara selaku Executive Director RedMaroon Communications, Haililah Tri Gandhiwati dan Senior Litigation PR and Jurnalist RedMaroon Communications, Bosko Nambut.

Pada era revolusi industri 4.0 membawa perubahan besar pada kehidupan saat ini seperti menggantikan beberapa peran manusia dengan teknologi. Namun, sebagai seorang PR tidak bisa terus bergantung pada teknologi untuk membentuk hubungan pada para stakeholders. Oleh karena itu, para praktisi harus terus beradaptasi untuk tetap bertahan di industri public realations yang terus berubah. Dengan diadakan acara ini, bertujuan untuk mengasah kemampuan para mahasiswa/i akan aktivitas PR yang essensial dan berguna baik diperkuliahan maupun didunia kerja kelak dengan meningkatkan creative writing skill mereka.

Dalam acara tersebut, peserta diajarkan bagaimana menulis sebuah berita yang baik dan benar melalui materi yang dibawakan oleh Gandhi yaitu what, why dan how strategi. Setelah pemberian materi, dilanjutkan dengan mempraktekan materi yang telah disampaikan sebelumnya. Dimulai dari pembuatan judul. Bosko memberikan penjelasan mengenai arti dari judul itu sendiri, menurut Bosko, judul adalah jendela dari sebuah artikel maupun berita. Tidak hanya itu, untuk penulisanjudul, akan lebih baik jika tidak melebihi dari 10 kata. Selanjutnya, para peserta diminta untuk menentukan sebuah topik dan juga membuat judul dari topik yang telah dipilih. Setelah membuat judul, dilanjutkan dengan membuat paragraf pembuka, isi konten dan juga penutup. Bosko juga menambahkan bahwa press release sama seperti berita pada umumnya, namun tulisannya lebih datar, tetap terdapat  5W+1H dan juga mengikuti piramida terbalik sesuai dengan standar penulisan. Setelah praktik pembuatan berita tersebut, kemudian acara ditutup dengan adanya sesi tanya jawab.

Acara  ini meninggalkan kesan yang baik bagi Muhammad Hilman, selaku peserta imprint mahasiswa Universitas Bakrie Public Relations angkatan 2016. “Adanya acara ini cukup menambah wawasan dalam hal strategi, khusus dalam pembuatan judul dan alinea dalam sebuah tulisan (press release, feature dan berita)” ujarnya. Diharapkan melalui acara ini, para peserta dapat mempertajam skill writing mereka yang tidak hanya didapatkan didalam kelas.