fbpx

IR 4.0 ROLE OF CIVIL ENGINEER TOWARDS NATION DEVELOPMENT

Senin tanggal 16 Desember 2019 Program Studi Teknik Sipil mengadakan Guest Lecture yang mengundang Assoc Prof Dr. Mohd Haziman Wan Ibrahim dan Prof Dr. Mohd Idrus Mohd Masirin dari Universiti Tun Hussein Onn Malaysia, yaitu salah satu perguruan tinggi yang berasal dari Malaysia. Guest Lecture kali ini pembicara membahas mengenai IR 4.0 Role of Civil Engineer Towards Nation Development dan Sharing Knowledge with Universiti Tun Hussein Onn Malaysia.

Terkait dengan teknik sipil, pembicara membahas mengenai daya tahan brick atau batu bata merah yang biasa digunakan oleh masyarakat dalam membuat bangunan. Daya tahan bata merah memang akan menghasilkan bangunan yang indah dalam penggunnannya. Namun, dalam penggunaannya perlu diperhatikan, mengingat kualiatas bata merah juga sangat beragam terlebih letak geografis juga menentukan kecocokan penggunaan batu bata merah dalam membangun sebuah hunian atau bangunan lainnya.

Selain itu, pembicara juga membahas mengenai transportasi, jalanan, dan lingkungan. Pembahasan ini menjadi salah satu fokus pembicara karena masyarakat sangat membutuhkan layanan transportasi yang terjangkau, efektif, dan efisien sehingga hal tersebut menjadi tantangan tersendiri bagi para insinyur dan perencana terlebih pemerintaj membutuhkan sistem yang ramah akan lingkungan dan juga penggunanya.

 

Dalam guest lecture kali ini, mahasiswa yang pernah melakukan magang juga diajak untuk sharing mengenai pengalamannya. Sehingga, acara guest lecture berjalan dengan interaktif.