Sosialisasi Aspek-Aspek dan Strategi Percepatan dalam Pengelolaan Sampah

Jakarta-(28/11) Program studi Teknik Lingkungan menghadirkan Ir. Sri Bebassari, Msi, Ketua Umum Indonesia Solid Waste Association (InSWA) untuk menjadi pembicara kuliah umum di Universitas Bakrie. InSWA merupakan National Member of ISWA.

ISWA, satu-satunya asosiasi internasional yang konsen pada sektor pengelolaan sampah berkelanjutan dan ramah lingkungan, mengoptimal dan meningkatkan efisiensi pengelolaan sampah di level global.

Melalui kuliah umum ini, Ibu Sri menyampaikan persoalan lingkungan yang selalu menjadi isu besar di hampir seluruh wilayah perkotaan, tak lain yaitu masalah sampah. Berbicara sampah, sebagai ahli di bidang pengelolaan sampah di Indonesia, Ibu Sri sudah menghabiskan setengah hidupnya untuk meneliti sampah di Indonesia. Kerja keras Ibu Sri Bebassari dalam menanggulangi sampah di Indonesia telah berbuah manis dengan disetujuinya Undang-Undang tentang Pengelolaan Sampah No. 18 Tahun 2008 oleh DPR.

Ibu Sri juga memaparkan proses pengelolaan sampah yang meliputi 5 (lima) aspek yang harus saling terintegrasi dengan baik untuk pelaksanaannya. Kelima aspek tersebut meliputi: Aspek Hukum, Aspek Kelembagaan, Aspek Finansial, Aspek Teknologi dan Aspek Sosial Budaya. Hal ini mempertimbangkan pengelolaan sampah yang menghadapi banyak tekanan terutama akibat semakin besarnya timbulan sampah yang dihasilkan masyarakat baik produsen maupun konsumen. “Permasalahan sampah ini menjadi semakin berat saat masih memiliki sebuah paradigma lama dalam pengelolaan yang mengandalkan kegiatan pengumpulan, pengangkutan dan pembuangan. Sehingga diperlukannya pendekatan yang berbeda dalam pengelolaan yang efektif dan efisien di Indonesia”, tutur Ibu Sri.

Oleh karena itu, kegiatan aspek-aspek dan strategi percepatan dalam pengelolaan sampah harus lebih disosialisaikan lagi ke masyarakat luas sebagai pengetahuan baru untuk diimplementasikan. Bahkan menjadi dorongan bagi masyarakat dalam pelaksanaan dan pengawasan kegiatan ini.