fbpx

TATA KOTA DALAM PERSPEKTIF LINGKUNGAN HIDUP

Pada hari Selasa tanggal 10 Desember 2019 Program Studi Teknik Lingkungan mengadakan Guest Lecture yang mengundang Senior Masterplanner sekaligus Senior Urban Designer Ir. DS Pangestuti Harianto, MCRP yang sharing mengenai tata lingkungan zona wisata untuk mahasiswa Teknik Lingkungan.

Dalam GL tersebut pembicara membahas mengenai tata kota dalam perspektif lingkungan hidup, strategi pengembangan pariwisata menggunakan strategi pengembangan pariwisata 3A yaitu atraksi, akses dan amenitas. Kaldera Toba sebagai salah satu geopark dunia dibahas dalam GL kali ini yang akan melakukan pembangunan infrastruktur dan peningkatan akses regional yang diharapkan dapat mendorong sebesar-besarnya multiplier efek bagi kesejahteraan masyarakat di sekitar Danau Toba, dan mencapai Tujuan Penataan Kawasan Danau Toba yaitu:

- Pelestarian Kawasan Danau Toba sebagai Aek Natio
- Pengembangan Kawasan Pariwisata berskala dunia dengan tetap melestarikan kearifan lokal budaya batak

Tidak hanya membangun Danau Toba sebagai tempat pariwisata, dalam GL kali ini pembicara juga menjelaskan bahwa dalam pembangunan juga harus diiringi oleh pelestarian lingkungan dengan memperkaya dan memperkuat lansekap dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Wajib menanam tanaman peneduh endemik dengan karakter lansekap khas batak Toba; dan
  2. Dianjurkan menanam tanaman perdu/bunga endemic khas Toba.

Guest Lecture yang membahas mengenai tata kota berjalan dengan interaktif antara pembicara dan mahasiswa. Dalam Guest Lecture kali ini diharapkan mahasiswa lebih paham mengenai tata kota dalam perspektif lingkungan hidup dan dapat diimplementasikan di kemudan hari.