Membahas Peranan Ilmu dan Teknologi Pangan Melalui Guest Lecture

Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan Universitas Bakrie mengadakan guest lecture yang bertema "The Role of Food Science and Technology for Human Welfare" pada Jumat (5/10/18). Guest lecture kali ini menghadirkan Dr.Ir. Rindit Pambayarun, M.P. Professor of Food Science and Technology Universitas Sriwijaya.

Dalam pembukaan guest lecture tersebut, Dr.Ir. Rindit Pambayarun, M.P. memberikan pernyataan bahwa menjadi insan profesi ahli teknologi pangan harus menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya dalam bidang pangan. Beliau memberikan informasi mengenai perbedaan ilmu dengan teknologi. Menurutnya, ilmu itu lahir dalam laboratorium yang kemudian tumbuh dan harus terus berkembang sehingga nantinya akan menghasilkan teori dan akan berbuah teknologi. Sehingga teknologi adalah buah dari ilmu pengetahuan, karena teknologi yang benar harus berdasarkan pada ilmu pengetahuan.

Beliau memberikan contoh penerapan ilmu dan teknologi adalah mengenai peristiwa biokimia pangan enzymatic browning. Ketika sedang memakan apel lalu digigit atau diiris, maka dalam waktu sepersekian detik akan muncul kecoklatan. Hal tersebut merupakan ilmu karena didalamnya ada zat phenol dan poliphenol yang secara seluler ada di dalam vakuola kemudian terdapat reaksi. Reaksi tersebut dinamakan enxymatic browning yang merupakan ilmu dan belum menjadi teknologi. Adanya jus apel dengan pengolahan yang sedemikian rupa merupakan sebuah teknologi dalam pengolahan di industri pangan.

Selain diberikan pengetahuan mengenai ilmu dan teknologi, mahasiswa Ilmu dan Teknologi Pangan Universitas Bakrie juga diajarkan mengenai ilmu karbohidrat dalam pangan, proses pemanasan dan perubahan karbohidrat seperti gelatinisasi, hidrolisa, invertasi, kompleksasi, dan konversi.

Dengan adanya guest lecture ini, mahasiswa tidak hanya membatasi diri dengan teori yang diberikan di ruang kelas saja namun juga mendapatkan pengetahuan dari pakar dan praktisi yang ahli dalam bidang nya masing - masing sehingga mahasiswa dapat mengaplikasikan ilmu yang diterima untuk terjun di dunia kerja nantinya sesuai dengan tagline Universitas Bakrie yaitu Experience The Real Things.