Sunya Herawati Berhasil Meraih Juara 1 Jalur Masyarakat Duta GenRe Jakarta Selatan 2018

Sunya Herawati, Mahasiwi Program Studi Manajemen Universitas Bakrie angkatan 2015, terpilih menjadi Duta GenRe wilayah Jakarta Selatan setelah mendapatkan Juara 1 Jalur Masyarakat Puteri Duta GenRe Jakarta Selatan 2018 dalam ajang pemilihan Duta GenRe wilayah Jakarta Selatan.

GenRe (Generasi Berencana) merupakan program kerja dari BKKBN yang dikembangkan dalam rangka penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja sehingga mereka mampu melangsungkan jenjang pendidikan, berkarir dalam pekerjaan, serta menikah dengan penuh perencanaan sesuai siklus kesehatan reproduksi. Tujuan diadakan program GenRe adalah untuk meningkatkan pemahaman, pengetahuan, serta sikap dan perilaku positif remaja tentang kesehatan dan hak-hak reproduksi guna meningkatkan derajat kesehatan reproduksinya dan menyiapkan kehidupan berkeluarga dalam upaya peningkatan kualitas generasi mendatang. Sasaran dari program tersebut adalah remaja berusia 10 - 24 tahun yang belum menikah, keluarga yang memiliki remaja, serta masyarakat yang peduli dengan remaja.

Berdasarkan hal tersebut, duta yang terpilih diharapkan dapat menjadi role model, panutan, motivator, dan konselor untuk sesama remaja. Sunya Herawati berhasil terpilih melalui jalur masyarakat yang berfokus dalam sosialisasi masyarakat.

Dari 40 finalis yang berasal dari Pusat Informasi Konseling yang berada di Jakarta Selatan, Sunya berhasil meraih juara 1 yang nantinya akan melaju ke tingkat provinsi. Selama di karantina, Sunya mendapatkan materi mengenai Generasi Berencana dan juga pelatihan tari tradisional. Selain itu, Sunya juga melakukan banyak kegiatan sosial seperti sosialisasi tentang GenRe ke daerah sekitar RPTRA Malinjo, Pejaten, Jakarta Selatan.

Alasan Sunya untuk ikut serta dalam program GenRe tersebut adalah ketertarikannya dalam bidang sosial dan semual hal mengenai masyarakat, mulai dari permasalahan yang ada di masyarakat serta aksi sosial yang terjadi di masyarakat. Dengan adanya pemilihan ini, dapat memperkuat alasan Sunya untuk bisa membantu permasalahan yang ada didalam masyarakat khususnya permasalahan yang terjadi pada remaja zaman sekarang seperti seks sebelum menikah, pernikahan dini, dan napza.

Sunya berpesan kepada Generasi Muda khususnya yang berada di Indonesia harus zero tolerance terhadap pernikahan dini, seks sebelum menikah, dan napza.
"Mari rencanakan pendidikan, karir, dan juga pernikahan dengan penuh kematangan dan perencanaan. Karena dengan merencanakan hidupmu, maka kamu akan sukses dimasa depanmu." Ujar Sunya.