fbpx

RUN FOR ZOO: “RUN LIKE YOU MEAN IT”

Jakarta 20/5/2017 – Prodi Ilmu Komunikasi menerapkan metode pembelajaran experiental learning dalam setiap kegiatan perkuliahan. Metode tersebut bertujuan agar mahasiswa dapat merasakan secara nyata bagaimana praktik di dunia pekerjaan. Prodi Ilmu Komunikasi selalu memberikan dukungan pada segala bentuk kegiatan praktik perkuliahan salah satunya pada mata kuliah Kampanye Pemasaran Komunikasi Kreatif. Mata kuliah yang diajar oleh Pak Pandit Sumawinata ini mengadakan kegiatan Run For Zoo di Kebun Binatang Ragunan, Sabtu(20/5/17).

 

Tema Run For Zoo tahun ini adalah Run Like You Mean It. Tema ini bukan hanya sekedar lari pagi biasa, namun memiliki arti lebih kepada aspek sosial nya yakni kegiatan donasi pada Ragunan. Donasi tersebut berupa papan petunjuk arah yang ditaruh di berbagai tempat di dalam lingkungan Ragunan. Kegiatan donasi ini dipilih untuk menjalin kerjasama dengan pihak Ragunan, serta sebagai bentuk kontribusi Prodi Ilmu Komunikasi untuk menunjang sarana dan prasarana di lingkungan Ragunan.

Run For Zoo merupakan kegiatan lari 5 kilometer dengan mengelilingi Kebun Binatang Ragunan. Kegiatan Run For Zoo ini adalah kegiatan lanjutan yang  juga dilaksanakan pada mata kuliah yang sama 2 tahun yang lalu.

Kegiatan Run For Zoo ini bertujuan untuk melatih mahasiswa dalam melakukan komunikasi dengan pihak luar (eksternal) kampus melalui penyelenggaraan kegiatan yang kreatif.

“Anak-anak kan jadi belajar ketemu sama humas Ragunan mengurus perizinan dan lain-lain mereka juga belajar tanggung jawab. Konflik dalam tim pasti terjadi tapi dari situ mereka bisa belajar bagaimana kerjasama tim. Mereka juga buat acara yang kreatif belum ada kan acara lari di kebun binatang gini,” jelas Pak Pandit saat ditemui di Kebun Binatang Ragunan (20/5/17).

Hafidz selaku ketua pelaksana dari kegiatan Run For Zoo ini mengatakan bahwa melalui kegiatan ini juga terjalin silaturahmi dengan keluarga besar Prodi Ilmu Komukasi yang meliputi dosen, mahasiswa, cleaning service, dan satpam.

Reihana, salah satu mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi merasa senang dengan diadakannya acara Run For Zoo ini.

“Iya seneng, ini jadi penyegaran sih ditengah-tengah lagi buat skripsi jadi bisa olahraga sekaligus refreshing,” ujar Reihana.

Bentuk apresiasi kepada peserta yang telah mengikuti kegiatan Run For Zoo ini adalah dengan pemberian medali ketika peserta sampai di garis finish. Melalui medali tersebut peserta diajak seperti sedang dalam perlombaan lari sungguhan.

Usai kegiatan lari 5 kilometer, para peserta khususnya mahasiswa mendapatkan pembekalan melalui Guest Lecture (GL) yang dibawakan oleh Lembu Wiworo Jati. Materi GL berkaitan dunia marketing, dimana Lembu menceritakan tentang pengalamannya yang pernah menjadi marketing dari Taman Safari Indonesia. Para peserta terlihat antusias mendengar materi yang disampaikan oleh Lembu, hal tersebut terlihat dari banyaknya peserta yang mengajukan pertanyaan.

Kedepan, kegiatan Run For Zoo ini akan dijadikan kegiatan yang diselenggarakan 2 tahun sekali oleh Prodi Ilmu Komunikasi. Hal tersebut bertujuan untuk dapat memaksimalkan metode belajar yang di terapkan oleh Prodi Ilmu Komunikasi yaitu Experiental Learning. Melalui kegiatan ini para peserta dapat melakukan praktik secara langsung dengan mengamati pengunjung yang merupakan konsumen dari Kebun Binatang Ragunan, selain itu peserta juga dijarkan bagaimana mencari insight apa yang bisa diangkat dari kebun Binatan Ragunan.

“Mengingat metode belajar Prodi Ilmu Komunikasi experiental learning, maka Prodi nantinya akan menyeleggarakan acara ini kembali. Acara ini juga akan dikaitkan dengan GL jadi mahasiswa mendapatkan materi langsung dari praktisi yang handal di bidangnya. Dengan tujuan agar mahasiswa dapat memahami secara nyata dunia pekerjaan khususnya markom ya kali ini,” jelas Bu Suharyanti, Ketua Prodi Ilmu Komunikasi(20/5/17).

 

 

Penulis : Viviet Sandra Bailussy