Last day on UB’s Week 2016

Kegiatan UB’s Week berakhir pada 15 September 2016. Serangkaian kegiatan masih dijalankan sebelum dilakukan penutupan dan peresmian peserta UB’s Week menjadi mahasiswa baru. Beberapa materi dan permainan masih diberikan kepada para peserta untuk membentuk sense of belonging dari setiap mahasiswa baru. Tentunya juga tidak terlepas dari value yang ditanamkan.

Pada pagi hari para peserta digiring ke stadion Gor Soemantri untuk melakukan permainan yang membutuhkan kerja sama tim. Permainan ini cukup membuat para peserta menjadi lebih akrab dan kompak satu sama lain.

Setelah itu, para peserta UB’s Week diberikan waktu untuk menampilkan students talent dari setiap kelompoknya. Berbagai macam talent ditampilkan dari menari, menyanyi, beat box, drama, musikalisasi puisi dsb.

Selain students talent mahasiswa juga masih diberi tantangan untuk membuat konsep kegiatan yang mana bisa berkontribusi dalam sebuah komunitas. Komunitas yang terlibat dalam acara UB’s Week 2016 diantaranya adalah yayasan Mitra Netra yang mempunyai tujuan mewujudkan kesamaan kesempatan melalui kesetaraan perlakuan di bidang pendidikan dan tenaga kerja harapan tunanetra Indonesia, RUBI (Ruang Berbagi Ilmu) komunitas yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas penggerak pendidikan melalui pelatihan dan pendampingan untuk berbagai materi, 1001 Buku komunitas yang merupakan organisasi nirlaba yaitu sebuah jaringan relawan dan pengelola taman bacaan anak, Bersih Nyok! Komunitas ini mengajak orang-orang untuk mencintai lingkungan di lingkungan Jakarta, MITS (Mencintai Indonesia Tanpa Syarat) merupakan salah satu komunitas dari Sanggar Ananda Kawula Muda bentukan Aditya Gumay.

Diakhir acara, kegiatan UB’s Week ditutup dengan prosesi Ikatan Keluarga Mahasiswa UB. Prosesi ini diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Bakrie bersama. Dilanjutkan dengan pembacaan sumpah mahasiswa Indonesia yang dipimpin oleh Raditya Nalaputra ketua BEM Universitas Bakrie 2016/2017. Dan pemberian sambutan oleh Bapak Achmad Reza Widjaja, Ph.d. selaku wakil rektor bidang non akademik Universitas Bakrie. Dengan prosesi ini para maba UB’s Week telah resmi menjadi mahasiswa Universitas Bakrie angkatan 2016.

Penerbangan balon juga dilakukan sebagai simbol telah berakhirnya UB’s Week 2016. Ratusan mahasiswa melepaskan balon bersama-sama yang telah diberikan panitia sebagai tanda resminya menjadi mahasiswa baru Universitas Bakrie angkatan 2016.

 

Penulis:

Diana Thasya SN