Say NO to Bullying, Orientasi Mahasiswa Baru Universitas Bakrie Sarat dengan Nilai Care, Innovative and Professional

Universitas Bakrie menyelenggarakan acara orientasi mahasiswa baru angkatan 2017/2018, dibuka di Ruang Oval, Epiwalk, Rasuna Epicentrum, Jakarta (28/9) acara orientasi  atau yang lebih dikenal dengan UB’s Week ini menghadirkan Ilham Akbar Habibie sebagai keynote speaker, mengusung materi “Menciptakan Generasi Unggul Indonesia” dalam pidatonya Ilham menantang para peserta UB's Week 2017, mampu menunjukan prestasinya, tidak hanya di kampus, melainkan juga di tingkat nasional, bahkan di kancah internsional. “Untuk itu, inovasi perlu didukung dengan kepercayaan diri dan kegigihan yang tinggi”, ujar Ilham.

Sementara itu, Ilham sendiri mengakui kurikulum yang diaplikasikan oleh Universitas Bakrie, yaitu metode Experiential Learning sudah sesuai kebutuhan para mahasiswa di Indonesia. Tidak hanya teori yang diajarkan, melainkan juga bisa menghadirkan praktisi dan orang-orang yang profesional di bidangnya.

"Mereka diberikan kesempatan melihat langsung adanya  didatangkan CEO-CEO, jadi dari awal Universitas Bakrie sudah menekankan relevansi sebagai mahasiswa, bukan saja secara akademisi berprestasi di universitas, tetapi juga terbuka untuk luar. Penting sekali dalam konteks dua kata kunci penting, yakni inovasi dan profesionalitas," tambahnya lagi.

Ilham juga berharap para mahasiswa UB memiliki daya saing global. Bukan berdasarkan daya saing komperatif saja, tetapi khususnya daya saing sumber daya manusia.

Prof. Ir. Sofia W. Alisjahbana, MSc, PhD, Rektor Universitas Bakrie mengemukakan, "Melalui metode pembelajaran experiential learning yang dirajut antara teori di kelas dan praktik di lapangan, lulusan Universitas Bakrie telah mampu memetik satu pengalaman keilmuan yang lebih utuh, yang sangat berguna bagi dunia pasca kampus. Inilah salah satu nilai unggul yang telah menjadi tradisi di kampus kita. Dan tradisi unggul ini akan terus diberikan kepada mahasiswa di Universitas Bakrie.”  

Ike Nirwan Bakrie, Ketua Yayasan Pendidikan Bakrie mengatakan, “Kesuksesan menjadi mahasiswa di Universitas Bakrie merupakan amanah dari Tuhan Yang Maha Esa. Amanah ini harus dijaga, ditunaikan, dan diselesaikan dengan sebaik-baiknya. Sebab, kehadiran Kalian di kampus ini sejatinya bukan hanya sekedar membawa mimpi pribadi. Namun, di dalamnya juga terdapat mimpi sanak saudara Kalian, orang tua Kalian, dan juga mimpi dari keluarga Bakrie.

“Selamat datang dan Selamat bergabung kepada Mahasiswa Baru 2017 di kampus tercinta, kampus Universitas Bakrie. Semoga, acara hari ini menjadi langkah awal yang baik dari ribuan langkah yang akan Kalian jalani di Kampus Universitas Bakrie. Experience The Real Things!.” Tambah Ike.

Di hari pertama ini mahasiswa diberikan pembekalan-pembekalan berupa materi yang berguna bagi kehidupan mahasiswa selama menjalani kehidupan di kampus, yang disampaikan oleh narasumber yang sudah ternama seperti materi mengenai “Wawasan Kebangsaan” yang disampaikan oleh Randy Bagasyudha  yang merupakan National Character Trainer, Human Resources Consultant YLC, Political and Public Policy Consultant Indonesia Peopoll, dan dilanjutkan dengan Materi Creative Thinking yang menghadirkan Pandit Sumawinata yang telah berpengalaman di bidang advertising & public relations dan event manager selama 20 tahun.

Di hari kedua, mahasiswa diberikan pembekalan mengenai Etiket dan Etika sebagai mahasiswa yang diberikan oleh Indah Soekotjo penulis buku “Brand Yourself” yang merupakan trainer yang berkaitan dengan materi Pengembangan Kepribadian dan Etiket, Komunikasi, Public Speaking, Presentation Skill, Professional Image, Professional Appearance and Grooming, Public Relations, Tata Busana (Attire).

Di hari yang sama, mahasiswa mendapatkan sosialisasi dari organisasi mahasiswa yang ada di Universitas Bakrie seperti Senat, BEM dan HMPS. Acara ditutup dengan persembahan student’s talent dari para mahasiswa baru dan flashmob.