fbpx

AKTIF DI FORUM REKTOR INDONESIA, REKTOR UNIVERSITAS BAKRIE DIUNDANG AUDIENSI DENGAN NADIEM MAKARIM

Aktif di Forum Rektor Indonesia (FRI), Rektor Universitas Bakrie, Prof. Ir. Sofia W. Alisjahbana, M.Sc., Ph.D turut diundang bersama 23 Rektor Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia,  untuk melakukan audiensi dengan Mendikbud Nadiem Makarim di Kantor Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta (20/11).

Dalam forum tersebut juga menjadi kesempatan untuk menyampaikan beberapa usulan dari FRI yang mencakup perbaikan di berbagai bidang diantaranya kelembagaan, SDM, Mahasiswa, Pembelajaran dan Revitalisasi Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK).

 

Sempat ramai dalam pemberitaan media minggu lalu, Ketua Forum Rektor Indonesia (FRI) Yos Johan Utama menyampaikan optimisme FRI akan sosok Nadiem Makarim yang dapat menciptakan ide-ide "out of the box" untuk memajukan pendidikan di Indonesia sehingga diharapkan akselerasi dalam pelaksanaan program kerja Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan bagus.

Sementara di kesempatan terpisah, Mendikbud yang baru, Nadiem mengaku bakal menghadapi tugas berat untuk memajukan Sumber Daya Manusia Indonesia lewat pendidikan. Apalagi dia juga akan mengepalai urusan pendidikan tinggi (Dikti) yang kini bernaung kembali di bawah Kemendikbud, setelah sebelumnya sempat berdiri terpisah. "Di bawah saya bukan hanya Kemendikbud tradisional saja, tapi juga Dikti. Tapi itu bagus karena semuanya nanti bisa berjalan terpadu," ujar Nadiem.

Prof. Sofia mengatakan dalam pertemuan tersebut, Bapak Menteri memberikan pengarahan kepada para peserta Rektor yang hadir agar Pendidikan tinggi merupakan wadah untuk mencetak SDM Unggul yang dapat menjadi pemimpin masa depan serta di dalam proses belajar mengajar, menjalankan prinsip pendidikan masa depan 6C yaitu think Critically, utilize Connectivity, develop Creativity, embrace Culture, work Collaboratively, communicate Clearly.