fbpx

Bahasa Inggris, Bekal Siap Magang dan Kerja Nyata

Renae memberikan pembekalan CV, Cover Letter dan Resume

Salah satu goals yang harus dicapai oleh mahasiswa ditingkat universitas adalah melaksanakan Kerja Praktik Lapangan atau Magang. Magang menjadi syarat penting mahasiswa agar bisa mengerjakan tugas akhir atau skripsi untuk memperoleh gelar sarjana Ilmu Komunikasi. Oleh karena itu, untuk mendukung kegiatan Magang ini, Program Studi Ilmu Komunikasi (Prodi Ilmu Komunikasi) Universitas Bakrie mengadakan Seminar dan Sosialisasi Magang bertajuk “English Workshop CV & Job Interview”.

Bersama dengan CELS Indonesia, Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie mengadakan seminar pada Kamis, 24 Mei 2018 di Ruang 1 dan 2 Universitas Bakrie dengan tema English Workshop CV & Job Interview. CELS Indonesia (Complete English Language Solution) merupakan layanan pelatihan Bahasa Inggris yang bertujuan untuk memajukan pemahaman Bahasa Inggris melalui pendekatan budaya dari Native Speakers, karena setiap Individu memiliki kesempatan untuk menerapkan Bahasa Inggris dengan baik.

Gambar: Dosen Ilmu Komunikasi dengan Pemberi Materi dari CELS Indonesia
Gambar: Dosen Ilmu Komunikasi dengan Pemberi Materi dari CELS Indonesia

 

Seminar diikuti oleh mahasiswa Ilmu Komunikasi dan pengarahan oleh sejumlah Dosen dari Program Studi Ilmu Komunikasi. Dalam seminar kali ini, pemberi materi dari CELS Indonesia yaitu Renae, membahas mengenai CV, Cover Letter dan Resume. Dia menjelaskan bagaimana para pelamar kerja atau magang mempersiapkan dokumen yang diperlukan perusahaan. Selain itu, terdapat juga materi mengenai English Workshop Job Interview, diantaranya bagaimana sikap saat wawancara dengan HRD (Human Resources Departement) di sebuah perusahaan. Ia juga melakukan simulasi pada sesi job interview yang melibatkan mahasiswa.  Tidak hanya itu, materi lain yang juga diberikan yaitu BULATS. BULATS adalah tes untuk mengukur dan menentukan standar kemampuan berbahasa Inggris karyawan dan menilai kemampuan berbahasa Inggris dalam merekrut karyawan. 

Gambar: Mahasiswa Ilmu Komunikasi dengan Pemberi Materi dari CELS Indonesia
Gambar: Mahasiswa Ilmu Komunikasi dengan Pemberi Materi dari CELS Indonesia

 

Pembekalan dalam berbahasa inggris ini diharapkan mampu meningkatkan kemampuan bahasa inggris mahasiswa Ilmu Komunikasi dan siap memasuki dunia magang hingga kerja. Lebih dari itu, bukan hanya kemampuan menyiapkan CV dan dokumen lainnya dalam bahasa inggris, tetapi juga bagaimana menerapkan komunikasi yang baik dalam bahasa inggris, baik penulisan artikel, presenting, orasi dan sajian lainnya. Dan tentunya, akan menjadi minat belajar bahasa inggris untuk mahasiswa Ilmu Komunikasi lainnya.