WORKSHOP TEKNOLOGI NEAR INFRARED SPECTROSCOPY, METODE PENJAMINAN MUTU YANG RAMAH LINGKUNGAN

Pernahkah kamu perhatikan konsistensi pada setiap kemasan dalam suatu produk, baik itu dari komposisi maupun rasanya? Nah, untuk menjaga konsistensinya, suatu perusahaan berusaha melakukan kendali mutu. Kendali mutu sangatlah penting guna memastikan setiap produk

yang digunakan aman dan baik hingga sampai ke tangan konsumen. Jadi, bagaimana caranya untuk melakukan kendali mutu tersebut? Kendali mutu dapat digunakan dengan melakukan beberapa teknik analisis yang sesuai. Salah satu teknik analisis yang dapat digunakan adalah teknik analisis berbasis spektroskopi, yaitu spektroskopi inframerah dekat (Near Infrared/NIR).

Universitas Bakrie bekerjasama dengan PT Dynatech mengadakan workshop yang menghadirkan dosen program studi Teknologi Pangan Dr. Anton Apriyantono dan Sapriyanto dari PT Dynatech sebagai pembicara/instruktur.

Metode spektroskopi FT-NIR ini telah cukup banyak digunakan di industri pakan, industri minyak sawit, industri susu, terutama untuk mengkuantifikasi komposisi bahan pangan, dari mulai analisis proksimat sampai kadar asam lemak bebas, kadar asam oleat, dll.

“Prodi Teknologi Pangan mencoba ikut serta dalam mensosialisaikan penggunaan metode ini untuk analisis bahan pangan. Selain untuk analisis rutin terkait dengan jaminan mutu produk di industri, metode ini juga dapat digunakan untuk penelitian di kampus/lembaga penelitian”, ujar Ketua Program Studi Teknologi Pangan Ardiansyah, Ph.D.

Analisis dengan menggunakan metode ini memiliki beberapa keunggulan antara lain: tidak perlu ada tahap persiapan sampel, menganalisa jenis sampel apa saja, analisisnya cepat, sederhana dan biaya analisis dan operasional murah, tidak perlu solven organik sehingga ramah lingkungan. Selain itu analisis dapat dilakukan secara off line juga bisa dilakukan secara online, inline dan at line.