fbpx
Kompetensi Lulusan Prodi ITP

Kimia dan Analisis Pangan

Mampu menjelaskan reaksi-reaksi kimia pada bahan pangan, termasuk pengendali reaksi tersebut dalam kaitan dengan mutu pangan. Memiliki keterampilan dalam melakukan berbagai teknik analisis kimia dasar dan terapan pada bahan pangan dan mampu memilih teknik analisis pangan yang sesuai dengan karakteristik bahan dan kebutuhannya.

Kompetensi Lulusan Prodi ITP

Mikrobiologi dan Keamanan Pangan

Mampu mengidentifikasi mikroba patogen dan penyebab kerusakan pangan serta kondisi pertumbuhannya, mampu menjelaskan faktor-faktor lingkungan yang mempengaruhi pertumbuhan mikroba, mengidentifikasi kondisi untuk menginaktivasi dan membunuh mikroba pembusuk dan patogen, mengerti mengenai prinsip-prinsip pengawetan dan pengolahan pangan dengan proses fermentasi dan memiliki keterampilan dalam melakukan teknik analisis mikrobiologi dalam bahan pangan.

Kompetensi Lulusan Prodi ITP

Rekayasa dan Proses Pengolahan Pangan

Mampu menjelaskan karakteristik bahan baku, ingredien, dan bahan tambahan pangan. Mampu mengidentifikasi dan menjelaskan unit operasi dan peralatan proses yang sesuai dalam proses pengolahan pangan dan menjelaskan prinsip dan teknik penanganan dan pengolahan pangan, serta pengaruh parameter proses terhadap mutu, keamanan dan umur simpan produk pangan. Mampu menganalisis mutu pangan dengan metode evaluasi sensori terkini

Kompetensi Lulusan Prodi ITP

Biokimia Pangan, Gizi, dan Kesehatan

Menjelaskan proses biokimia, konsep dasar ilmu gizi, pangan fungsional, serta hubungan antara konsumsi pangan dengan status gizi/kesehatan. Menjelaskan perubahan zat gizi selama pengolahan dan penyimpanan (from farm to table). Mampu menjelaskan teknik-teknik laboratorium yang diaplikasikan dalam biokimia dan evaluasi nilai biologis pangan.

Kompetensi Lulusan Prodi ITP

Technopreneur di Bidang Pangan

Memiliki jiwa kepemimpinan dan mengelola organisasi yang baik. Melakukan kemandirian usaha, memahami konsep bisnis, menguasai komunikasi dalam dunia bisnis, membuat inovasi di bidang pangan dan mengaplikasikan inovasi pangan dan menjadikannya sebuah bisnis/usaha.

Ilmu dan Teknologi Pangan merupakan sains terapan dan bidang ilmu inter-disiplin yang terkonsentrasi pada komoditas pangan. Empat fondasi pokok terdiri dari kimia pangan, mikrobiologi dan keamanan pangan, biokimia pangan dan gizi, serta rekayasa dan pengolahan pangan, serta diperkaya dengan pengetahuan komunikasi, manajemen, dan bisnis.