fbpx

Startup Universitas Bakrie, Playable (PT Jiwa Gelora Juara) yang dirilis sejak empat tahun lalu melakukan rebranding menjadi Dookatif. Penamaan tersebut terinspirasi dari kata Edukatif yang berarti mendidik. CEO Dookatif, Muhammad Rifaldi menyatakan bahwa rebranding ini bertujuan untuk mendekatkan perusahaan dengan market yang dituju, setelah melakukan berbagai evaluasi dan transformasi besar dalam operasional startup, team Dookatif menemukan adanya perubahan dan percepatan penerapan teknologi digital pada pendidikan di Indonesia, momentum tersebut menjadi kesempatan untuk melakukan akselerasi bisnis, termasuk perubahan nama.

Sampai di awal kuartal dua di tahun 2021 ini, Dookatif melakukan beberapa pengembangan, diantaranya membangun komunitas yang memungkinkan Dookatif lebih dekat dengan penggunanya. Melalui Instagram official yang  saat ini memiliki 161 ribu followers, konten Dookatif mampu menjangkau sekitar 1 juta penggunanya dalam rentan waktu satu bulan. Selain itu, Dookatif juga menjajaki kerjasama dengan berbagai pihak, salah satunya dengan Synthesis Academy,  startup pendidikan yang bergerak pada pelatihan sosial, kursus dan pendidikan vokasi. Kerjasama ini akan menghasilkan kontribusi user baru atau akuisisi pengguna sebesar 10,000 user berlangganan bagi Aplikasi Dookatif pada 2021. 

Secara serentak, Dookatif dan Synthesis Academy juga berkolaborasi dengan PERUMDA (Perusahaan Umum Daerah) Aneka Usaha di Kuningan, Jawa Barat. Kedepannya Dookatif akan mengembangkan SmartSchool yang menjadi bagian dari smart city di Kuningan. Sekitar 820 sekolah atau kurang lebih 300,000 siswa secara bertahap dapat menikmati layanan kursus atau kelas peningkatan skill, Platform Dookatif juga akan terintegrasi dengan sekolah di sekitar area tersebut.

Uji coba aplikasi Dookarif akan dilakukan pada akhir Mei 2021, dengan menghadirkan fitur sistem informasi sekolah yang membantu guru, siswa, hingga orang tua untuk melihat nilai, pengumuman, melakukan pembayaran sekolah secara online, hingga menginput daftar hadir. Siswa juga akan dibekali dengan pilihan  kelas interaksi  (Live Video Conference) dengan fokus pada peningkatan keahlian Bahasa Inggris, Bahasa Jepang, Bahasa Korea, Programming dan kemampuan lainnya. “Dengan kelas Interaktif ini peran siswa dan guru akan lebih maksimal dibandingkan siswa belajar sendiri melalui media video pembelajaran saja, sekaligus ini menguatkan diferensiasi Dookatif. kami juga ingin melibatkan peran serta sekolah, guru, siswa dan orangtua dalam setiap pembelajaran dan fitur yang dikembangkan dalam Aplikasi Dookatif” ucap Muhamad Rifaldi, CEO Dookatif. 

Dengan adanya Kerjasama dengan Pemerintah dan PERUMDA, kolaborasi ini akan menghasilkan ekosistem Pendidikan Edutainment 5.0 Society. Gagasan besar ini akan dibangun bersama dengan melibatkan masyarakat luas nya dengan penerapan teknologi yang bersahabat dengan masyarakat dalam peningkatan mutu Pendidikan dan melahirkan SDM yang unggul dan terampil. Dengan adanya SDM yang unggul akan meningkatkan peran masyarakat Kuningan, Jawa Barat, untuk menciptakan wirausaha baru dan SDM unggul yang dapat terserap di Industri/Perusahaan. Aplikasi versi beta sudah dapat diunduh bagi pengguna smartphone Android di Google Play dan dapatkan konten edukatif di komunitas instagram @dookatif atau kunjungi website www.dookatif.com

 

Sejumlah Dosen dan Tenaga Kependidikan Universitas Bakrie mengikuti kegiatan Vaksinasi COVID-19 yang diadakan oleh LLDIKTI Wilayah III, pada hari Selasa 20 April 2021 di Rumah Sakit Pendidikan Ukrida. Kegiatan vaksinasi berlangsung dengan baik dan teratur, tercatat seluruh serta mengikuti protokol kesehatan 5M, yakni memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

Pelaksanaan vaksinasi yang dilakukan secara berkala ini merupakan salah satu usaha Perguruan Tinggi untuk menyukseskan program pemulihan COVID-19 sekaligus persiapan rencana pelaksanaan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka pada waktu mendatang. Harapannya seluruh Dosen serta Tenaga Pendidik Universitas Bakrie yang telah mendapatkan vaksinasi dapat membentuk herd immunity yang mampu memutus mata rantai virus corona, sehingga aktivitas pendidikan dapat berangsur normal seperti semula.

 

Salah satu lembaga pemeringkat kampus di seluruh dunia, Times Higher Education (THE) baru saja merilis daftar kampus terbaik di dunia, termasuk kampus terbaik di Indonesia.

Dalam pemeringkatan THE 2021, Universitas Bakrie berhasil masuk bersama 18 perguruan tinggi di Indonesia lainnya antara lain UI, ITB, ITS, UGM, IPB, Telkom University dan sejumlah universitas lainnya. Berdasarkan perankingan ini, untuk kategori perguruan tinggi swasta di Indonesia, Universitas Bakrie berhasil menduduki peringkat ke 2 PTS terbaik di Indonesia

Rektor Universitas Bakrie Prof.Sofia W.Alisjahbana mengungkapkan bahwa THE Impact Rankings 2021 dinilai setidaknya dalam empat aspek, yaitu pengajaran, pengelolaan, penelitian, dan pengabdian. Selain itu, THE juga mengukur kontribusi perguruan tinggi berdasarkan 17 SDGs yang ditetapkan oleh PBB.

Prof. Sofia menyatakan bahwa berdasarkan THE Ranking, untuk kriteria SDG 4 Quality Education, Universitas Bakrie meraih posisi ke-4 untuk Perguruan Tinggi Se-Indonesia bersama Univ Sebelas Maret, UI, dan ITB. Dan untuk kriteria SDG 13 Climate Change, Universitas Bakrie berada pada peringkat 4 Perguruan Tinggi Se-Indonesia bersama UNDIP, IPB, dan UNPAD.

Prof. Sofia menyampaikan ungkapan terima kasih kepada seluruh Sivitas Universitas Bakrie atas raihan ini. Sebagai bagian dari Bakrie Group, pencapaian Universitas Bakrie ini juga atas dukungan Industri di dalam Kelompok Usaha Bakrie, yang telah terlibat aktif dalam proses pengajaran, penelitian, pengembangan training, beasiswa, dan program link and match antara perguruan tinggi dan industri.

Dalam THE Impact Rankings 2021, sebanyak 1.115 universitas masuk dalam pemeringkatan dari 94 negara.

Capaian ini tentunya turut mencerminkan meningkatnya kepercayaan masyarakat kepada Universitas Bakrie sebagai salah satu Indonesia Leading City Campus yang menerapkan metode pembelajaran Experiencial Learning. Prof. Sofia berharap capaian ini dapat menjadi pemicu lahirnya prestasi-prestasi selanjutnya oleh seluruh sivitas Universitas Bakrie.

(Jakarta, 15 April 2021) Bepahkupi, startup besutan mahasiswa Universitas Bakrie meluncurkan aplikasi BEKAFE yang memudahkan pecinta kopi di seluruh dunia untuk mendapatkan kopi langsung dari Petani indonesia dalam sekali klik, di ajang Hannover Messe yang terselenggara pada 12 – 16 April 2021. Hannover Messe adalah pameran teknologi terbesar di dunia yang berfokus terhadap isu teknologi, industri manufaktur, hingga penerapan teknologi pada revolusi 4.0, dan bertepatan pada tahun ini, Indonesia resmi menjadi Partner Country dalam perhelatan tersebut.

Bepahkupi merupakan startup yang  memiliki concern terhadap kesejahteraan petani kopi Indonesia, melalui edukasi yang bertujuan untuk meningkatkan produktivitas petani kopi agar kualitas kopi Indonesia dapat bersaing di skala Internasional. Melalui konsep farmers to customer yang berkolaborasi dengan teknologi, Bepahkupi berupaya untuk memperbaiki rantai distribusi yang panjang demi melahirkan ekosistem pasar yang lebih luas. Bepahkupi yang didukung oleh Kementrian Perindustrian Indonesia dan Kementrian Pertanian Indonesia dalam pengambangan startupnya selalu berkomitmen untuk mengembangkan kopi organik yang tersertifikasi, dan mendistribusikannya ke pasar Global.

Melalui ajang Hannover Messe ini, Bepahkupi terhubung dengan banyak pihak yang memiliki peran di bidang technology and  food agriculture, serta berkolaborasi menciptakan produk yang berkualitas dan memilki pasar baru untuk dapat dinikmati oleh para konsumen yang di Indonesia maupun mancanegara.

Aplikasi Bekafe di rilis dengan semangat untuk mendekatkan banyak gerai coffee shop dengan Petani kopi Indonesia. Kedepannya, aplikasi Bekafe ini diharapkan mampu menjadi pusat investasi pertanian kopi di Indonesia. Maulana Wiga, selaku CEO Bepahkupi mengatakan bahwa aplikasi Bekafe akan memudahkan pertanian kopi indonesia untuk masuk ke pasar Internasional, serta Bekafe ini juga dapat mendorong terciptanya ekosistem pertanian kopi yang go global dan mendukung Fair Trade guna terciptanya kesejahteraan petani kopi Indonesia. Bekafe akan resmi beroperasi dan tersedia di Play Store/App Store pada Juli 2021 mendatang.

Tak kenal lelah mengukir prestasi, team Dosen yang diwakili oleh Jouvan Chandra Pratama Putra, S.T., M.Eng.(Prodi Teknik Sipil), Safrilah, S.T., M.Sc., (Prodi Teknik Sipil), Sigit Wijayanto, B.Sc., M.Sc. (Prodi Sistem Informasi) dan Mirsa Diah Novianti, S.T., M.T. (Prodi Teknik Industri) kembali menghadiahi seluruh sivitas Universitas Bakrie dengan Gold Award pada 24th Moscow International Salon of Inventions and Innovative Technologies (Archimedes)

dengan project Zeolite Modification and its Application to Indoor Air Quality Control, setelah meraih Silver Medal dari perhelatan 1 Idea 1 World di Turki bulan lalu. Archimedes merupakan ajang pengembangan penemuan dan inovasi yang didukung oleh World Intellectual Property Organization (WIPO), Federal Service on Intellectual Property, Ministry of Defense of Russian Federation, hingga regional representations of Russian Federation. Meskipun kegiatan dilakukan secara korespondensi di tengah pandemi Covid-19, Kegiatan Archimedes tetap sukses menghadirkan ratusan peserta dan karya inovatif dari berbagai institusi di dunia, salah satunya Universitas Bakrie. Sekali lagi, kami ucapkan apresiasi yang tinggi bagi para Dosen berprestasi!

Testimoni Alumni Ilmu Komunikasi

"Milennials and business in the digital era cannot be separated. Strategi bisnis di era digital harus melakukan "engagement" dengan kaum milenial."

David Burke

Managing Director PT Visi Media Asia Tbk (VIVA Group)
[Produksi Mahasiswa Ilmu Komunikasi]

Media Club Online berada di bawah pengurusan mahasiswa dan mahasiswi Ilmu Komunikasi

MeClub adalah sebuah media kampus yang ada di Universitas Bakrie. MeClub merupakan kependekan dari Media Club. MeClub sendiri digerakkan oleh mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie peminatan Jurnalistik dan Media Massa.

coming up event