Rabu, 13 Maret 2019. Public Relations Officer Club (PROClub) dari Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie telah mengadakan Improving PR Internals (IMPRINT) dengan menghadirkan pembicara selaku Executive Director RedMaroon Communications, Haililah Tri Gandhiwati dan Senior Litigation PR and Jurnalist RedMaroon Communications, Bosko Nambut.

Pada era revolusi industri 4.0 membawa perubahan besar pada kehidupan saat ini seperti menggantikan beberapa peran manusia dengan teknologi. Namun, sebagai seorang PR tidak bisa terus bergantung pada teknologi untuk membentuk hubungan pada para stakeholders. Oleh karena itu, para praktisi harus terus beradaptasi untuk tetap bertahan di industri public realations yang terus berubah. Dengan diadakan acara ini, bertujuan untuk mengasah kemampuan para mahasiswa/i akan aktivitas PR yang essensial dan berguna baik diperkuliahan maupun didunia kerja kelak dengan meningkatkan creative writing skill mereka.

Dalam acara tersebut, peserta diajarkan bagaimana menulis sebuah berita yang baik dan benar melalui materi yang dibawakan oleh Gandhi yaitu what, why dan how strategi. Setelah pemberian materi, dilanjutkan dengan mempraktekan materi yang telah disampaikan sebelumnya. Dimulai dari pembuatan judul. Bosko memberikan penjelasan mengenai arti dari judul itu sendiri, menurut Bosko, judul adalah jendela dari sebuah artikel maupun berita. Tidak hanya itu, untuk penulisanjudul, akan lebih baik jika tidak melebihi dari 10 kata. Selanjutnya, para peserta diminta untuk menentukan sebuah topik dan juga membuat judul dari topik yang telah dipilih. Setelah membuat judul, dilanjutkan dengan membuat paragraf pembuka, isi konten dan juga penutup. Bosko juga menambahkan bahwa press release sama seperti berita pada umumnya, namun tulisannya lebih datar, tetap terdapat  5W+1H dan juga mengikuti piramida terbalik sesuai dengan standar penulisan. Setelah praktik pembuatan berita tersebut, kemudian acara ditutup dengan adanya sesi tanya jawab.

Acara  ini meninggalkan kesan yang baik bagi Muhammad Hilman, selaku peserta imprint mahasiswa Universitas Bakrie Public Relations angkatan 2016. “Adanya acara ini cukup menambah wawasan dalam hal strategi, khusus dalam pembuatan judul dan alinea dalam sebuah tulisan (press release, feature dan berita)” ujarnya. Diharapkan melalui acara ini, para peserta dapat mempertajam skill writing mereka yang tidak hanya didapatkan didalam kelas. 

Konsisten membuktikan penerapan “Experience The Real Things”, kampus Universitas Bakrie kembali mengadakan Guest Lecturer sebagai pembekalan materi kepada mahasiswa dari praktisi secara langsung. Prodi Ilmu Komunikasi peminatan Public Relations melakukan Guest Lecturer dengan pembicara dari Imogen PR dengan tema “How to manage Strategic PR Plan” menghadirkan seorang Managing Director Imogen PR, Suharjo Nugroho, dan Senior Consultant of Imogen PR, Amanda D. Retnomurthi, sebagai pembicara.

Selengkapnya...

Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie dengan peminatan Mass Media and Journalism kembali melaksanakan kegiatan Guest Lecturer dengan tema Mendalami Foto Jurnalistik Bersama Sang Penjepret Satelit. Pengisi acara dalam Guest Lecturer kali ini yaitu Adam Makalani Kasali, seorang fotografer muda yang menekankan bahwa jurnalistik bukan hanya sekedar tulisan saja namun bisa berupa visual seperti foto.

Selengkapnya...

Bicara mengenai teknologi, tentu bukan hal yang baru. Dengan kekuatannya, teknologi telah mengubah dunia. Bukan hanya perkembangannya yang semakin canggih, diharapkan para penggunanya pun cerdas memanfaatkan teknologi. 2018 adalah tahun emas bagi generasi  muda. Tak heran kaum millenial memanfaatkan teknologi sebagai kebutuhan berbagi infomasi. Begitu besar peran teknologi terhadap keberlangsungan hidup yang diakses melalui internet untuk kebutuhan informasi, salah satunya adalah website.

Selengkapnya...
Testimoni Alumni Ilmu Komunikasi

"Milennials and business in the digital era cannot be separated. Strategi bisnis di era digital harus melakukan "engagement" dengan kaum milenial."

David Burke

Managing Director PT Visi Media Asia Tbk (VIVA Group)
[Produksi Mahasiswa Ilmu Komunikasi]

Media Club Online berada di bawah pengurusan mahasiswa dan mahasiswi Ilmu Komunikasi

MeClub adalah sebuah media kampus yang ada di Universitas Bakrie. MeClub merupakan kependekan dari Media Club. MeClub sendiri digerakkan oleh mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie peminatan Jurnalistik dan Media Massa.

coming up event