fbpx

Commercial Film Director, Executive Producer & Business Owner David Shin dari Korea Selatan yang merupakan produser iklan kosmetik Halal, Wardah memberikan insight kepada mahasiswa komunikasi lintas budaya, komunikasi antar pribadi , komunikasi produksi iklan cetak dan digital dan sinematografi di Universitas Bakrie (10/12).

Insight yang diberikan terkait dengan mata kuliah tertentu seperti produksi iklan visual konten professional dimana mahasiswa dituntut harus peka sama perubahan sekitar, baik dari sisi politik dan isu-isu penting yang terjadi di sekitar kita, kuncinya adalah dengan banyak membaca buku untuk mendapatkan insight, kata kuncinya adalah switch, adapt and execute.

David juga berbagi bagaimana caranya supaya mendapatkan insight melalui brainstorming, dia mencontohkan dengan menggambar pohon faktor, dengan menuliskan kata-kata yang berkorelasi dengan produk tersebut di pohon faktor, kemudian dirangkai menjadi sebuah konsep iklan, karena sebagai kreator konten isi konten harus sampai kepada target market.

Kuncinya adalah memahami insight produk dari klien, apa yang diinginkan oleh klien dan apa yang menjadi idealisme dari kreator konten bisa disatukan sehingga memberikan perspektif yang sesuai. Mahasiswa melontarkan beberapa pertanyaan diantaranya apakah perlu untuk mem-branding selebriti di sebuah konten digital? Jawabannya adalah tidak harus, karena hasilnya tetap akan zero (0) bila tidak di dukunh oleh konten yang baik.

Meski pada dasarnya saat memulai membangun sebuah konten, kita semua dalam posisi yang equal, tapi dari sekian banyaknya competitor yang ada ‘we have to be dare to be different’.

David Shin yang seorang sutradara dan produser ini menganalogikan bagaimana sebuah konten dalam sebuah materi iklan dapat diterima dengan semua audiens dengan restoran Korea yang dia miliki di Indonesia, selain halal, makanan yang disajikan di restoran tersebut  di mix dengan sesuatu yang semua orang secara umum bisa mengonsumsinya.

David juga menekankan How to engage with the public, yaitu kita harus aware terhadap isu-isu yang penting, baik dari isu politik, keagamaan dan pay attention terhadap contoh-contoh produksi stop motion untuk menambah khazanah kreativitas.

Testimoni Alumni Ilmu Komunikasi

"Milennials and business in the digital era cannot be separated. Strategi bisnis di era digital harus melakukan "engagement" dengan kaum milenial."

David Burke

Managing Director PT Visi Media Asia Tbk (VIVA Group)
[Produksi Mahasiswa Ilmu Komunikasi]

Media Club Online berada di bawah pengurusan mahasiswa dan mahasiswi Ilmu Komunikasi

MeClub adalah sebuah media kampus yang ada di Universitas Bakrie. MeClub merupakan kependekan dari Media Club. MeClub sendiri digerakkan oleh mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie peminatan Jurnalistik dan Media Massa.

coming up event