Jakarta (14/2) - Bertepatan dengan moment hari Kasih Sayang atau Valentine’s Day, Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie melaksanakan kegiatan pelatihan penulisan untuk siswa SMA dengan tema “4 Steps To Love Writing” di SMA 79, Jakarta.

Kegiatan ini juga merupakan bagian dari kegiatan Tri Dharma Prodi Ilkom dengan bentuk pengabdian kepada masyarakat dengan tujuan mengubah pola pikir dan mencerdaskan anak bangsa di bidang pendidikan, selain itu kegiatan ini juga diharapkan dapat menumbuhkan minat menulis pada generasi muda. Dalam kegiatan ini juga diperkenalkan beberapa langkah agar generasi muda dapat lebih mencintai kegiatan menulis, melalui empat langkah sebagai berikut atau “4 Steps to Love Writings” : Attention, Interaction, Desire, dan Action.Attention adalah tahapan awal ketika mencari ide yang ingin dituangkan ke dalam tulisan. Individu harus awareterhadap lingkungan sekitarnya atau objek yang dilihatnya. Untuk menarik pembaca tertarik dengan hasil penulisan, seorang penulis harus melihat insight yang terkandung dalam objek yang yang sedang diperhatikannya sehingga dapat menghasilkan tulisan yang mudah dipahami oleh pembaca. Pada tahapan ketiga, terkait dengan keinginan, kehendak, hasrat (desire) seorang penulis harus terampil dan kreatif dalam mengemas pesan yang ingin disampaikan pada pembaca. Tahapan akhir adalah action, pada tahapan ini merupakan tahapan yang dilalui dari tahapan pertama sampai tahapan ketiga. Apabila seorang penulis sudah mendapatkan objek dan melalui observasinya mengetahui insight-nya, lalu mengetahui bagaimana mengemas pesan yang disampaikan menggunakan bahas yang mudah dipahami dan dimengerti oleh pembaca maka saatnya untuk beraksi yakni menuangkannya ke dalam tulisan.


Acara yang berlangsung dua jam ini, mendapatkan tanggapan yang baik dan positif dari peserta siswa SMA 79. Dimana dalam kegiatan tersebut tidak hanya dilakukan dengan memberikan semata-mata teori saja, namun dengan permainan yang diikuti oleh peserta membuat semarak ruangan multimedia. Pemenang mendapatkan hadiah dari UB berupa hasil karya buatan tangan dari ‘Pasukan Kertas’ yang diprakarsai oleh Anisa Dwi Utami, Prodi S1 Ilkom UB angkatan 2010.

Testimoni Alumni Ilmu Komunikasi

"Milennials and business in the digital era cannot be separated. Strategi bisnis di era digital harus melakukan "engagement" dengan kaum milenial."

David Burke

Managing Director PT Visi Media Asia Tbk (VIVA Group)
[Produksi Mahasiswa Ilmu Komunikasi]

Media Club Online berada di bawah pengurusan mahasiswa dan mahasiswi Ilmu Komunikasi

MeClub adalah sebuah media kampus yang ada di Universitas Bakrie. MeClub merupakan kependekan dari Media Club. MeClub sendiri digerakkan oleh mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Bakrie peminatan Jurnalistik dan Media Massa.

coming up event