fbpx
Laboratorium Cisco

Laboratorium Cisco

About Informatika Universitas Bakrie

About Informatika Universitas Bakrie

World of Gaming: How to Become a Professional Gamer

World of Gaming: How to Become a Professional Gamer

IoT, PELUANG DAN TANTANGAN DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0, DAN KESIAPAN PERGURUAN TINGGI

IoT, PELUANG DAN TANTANGAN DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0, DAN KESIAPAN PERGURUAN TINGGI

Multimedia Interaktif Program Studi Informatika Universitas Bakrie

[Berita Prodi] Informatika

Program Studi Informatika Universitas Bakrie

secara simultan dan berkesinambungan meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan di Indonesia melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu Pendidikan dan Pengajaran; Penelitian dan Pengembangan; dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Download Brosur

VARIASI KURIKULUM PROGRAM STUDI INFORMATIKA

Read More
KURIKULUM

Media dan Data Informatika

Media dan data Informatika merupakan data multimedia, istilah multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi, audio dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Multimedia sering digunakan dalam dunia informatika.

Read More
KURIKULUM

Jaringan Informatika

Jaringan Informatika atau kita sebut komputer (jaringan) adalah jaringan telekomunikasi yang memungkinkan antar komputer untuk saling bertukar data. Tujuan dari jaringan komputer adalah agar dapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service).

Read More
KURIKULUM

Mobile Informatics

Mobile informatics yang kita sebut Informatika bergerak adalah Teknologi Informasi dan Komunikasi, adalah payung besar terminologi yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi.

Read More

Dalam menghadapi semester akhir, mahasiswa diwajibkan membuat tugas akhir untuk meraih gelar sarjana. Sebelum melaksanakan penelitian tugas akhir, maka mahasiswa akhir Fakultas Teknik dan Informatika (FTIK) dibekali materi dan praktik aplikasi journal online oleh Ibu Dr. Siti Rohajawati, S.Kom., M.Kom selaku dosen prodi sistem informasi Universitas Bakrie.

Pembekalan materi yang diikuti oleh mahasiswa akhir FTIK yang meliputi prodi teknik lingkung, teknik sipil, tekni ilmu dan teknologi pangan, sistem informasi dan teknik informatika. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengarahan untuk mempermudah mahasiswa akhir dalam melaksanakan dan menyusun penelitian dalam menyelesaikan tugas akhir.

Peserta pembekelan materi tugas akhir FTIK sedang mendengarkan penjelesan dengan seksama

Tugas akhir penulis ini tentang teknik penulisan ilmiah, karena tugas akhir adalah salah satu syarat dalam meraih title sarjana. “Banyak kendala yg dihadapai mahasiswa, karena menulis itu perlu latihan kalo tidak pernah latihan dari sekarang itu meluangkan ide saja sulit, idenyanya ada namun ketika menulisnya menjadi masalah, mari bersama menulis”. Ujar Ibu Wati

Tata cara menulis ilmiah merupakan bagian dari penelitian, dalam pembuatannya teknik ilmiah itu memiliki banyak aturan. Akan tetapi, ilmiah tidak hanya berdasarkan fakta bahkan opini sendiri pun harus dibuktikan juga keilmiahannya. “Bermain dengan literatur karena ilmiah itu harus ada dasar, kalo penelitian itu sendiri diawal harus dengan kerangka apa yang ingin dituangkan, tidak semena ingin menulis tren saat ini kerangkanya apa atas dasar apa, yang terpenting prosedur teknik metodenya, langkah kedua ini harus diuji saat sidang akhir”. Ujar Wati

Dalam melakukan penelitian ini, selain secara teori mahasiswa juga diajarkan bagaimana cara mencari jurnal yang tepat. Terutama pencarian jurnal internasional, sehingga mahasiswa mendapatkan pengarahan yang tepat untuk mendapatkan jurnal dengan mudah.

Penyerahan serifikat kepada Ibu Wati selaku pemateri yang diwakili oleh salah satu peserta pembekalan materi tugas akhir FTIK

Keantusiasan mahasiswa mengikuti kegiatan ini hingga selesai dan banyak mendapatkan informasi yang bermanfaat untuk memudahkan dalam proses pembuatan tugas akhir. Mahasiswa juga mendapatkan sertfikat sebagai salah satu penghargaan atas keantusiasannya dalam mengikuti kegiatan ini.

Simbolisasi penyerahan sertifikat kepada salah satu peserta pembekalan tugas akhir FTIK oleh Ibu Devi

"Pilar intelektual yaitu bagaimana seseorang memiliki ilmu pengetahuan sehingga ilmu yang digunakan tidak hanya dipahami tetapi juga bermanfaat, dalam hal ini penerapan informasi teknologi yang dapat digunakan oleh masyarakat luas."

Irwan Sjarkawi

Presiden Komisaris PT Bakrie & Brothers Tbk
Testimoni Alumni Informatika

coming up event