fbpx
Laboratorium Cisco

Laboratorium Cisco

About Informatika Universitas Bakrie

About Informatika Universitas Bakrie

World of Gaming: How to Become a Professional Gamer

World of Gaming: How to Become a Professional Gamer

IoT, PELUANG DAN TANTANGAN DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0, DAN KESIAPAN PERGURUAN TINGGI

IoT, PELUANG DAN TANTANGAN DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0, DAN KESIAPAN PERGURUAN TINGGI

Multimedia Interaktif Program Studi Informatika Universitas Bakrie

[Berita Prodi] Informatika

Program Studi Informatika Universitas Bakrie

secara simultan dan berkesinambungan meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan di Indonesia melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu Pendidikan dan Pengajaran; Penelitian dan Pengembangan; dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Download Brosur

VARIASI KURIKULUM PROGRAM STUDI INFORMATIKA

Read More
KURIKULUM

Media dan Data Informatika

Media dan data Informatika merupakan data multimedia, istilah multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi, audio dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Multimedia sering digunakan dalam dunia informatika.

Read More
KURIKULUM

Jaringan Informatika

Jaringan Informatika atau kita sebut komputer (jaringan) adalah jaringan telekomunikasi yang memungkinkan antar komputer untuk saling bertukar data. Tujuan dari jaringan komputer adalah agar dapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service).

Read More
KURIKULUM

Mobile Informatics

Mobile informatics yang kita sebut Informatika bergerak adalah Teknologi Informasi dan Komunikasi, adalah payung besar terminologi yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi.

Read More

Rabu (18/12/2019) Program Studi Teknik Informatika mengadakan Guest Lecture yang membahas mengenai Advanced Microwave Remote Sensing Technology and ITS Aplication. Guest lecture kali ini prodi teknik informatika turut mengundang Prof. Josaphat Tetuko Sri Sumantyo, Ph.D. dari Chiba University Japan sebagai narasumber.

Remote sensing atau penginderaan jauh adalah pengukuran dari sebuah objek atau fenomena oleh sebuah alat yang tidak secara fisik melakukan kontak dengan objek tersebut atau pengukuran atau akuisisi data dari sebuah objek atau fenomena oleh sebuah alat dari jarak jauh. Remote sensing biasanya digunakan untuk  pesawat, pesawat luar angkasa, satelit, kapal, drone, memonitor janin dengan ultrasonik dan wahana luar angkasa yang memantau planet dari orbit.

Untuk saat ini remote sensing ini sangat beragam sesuai fungsi atau pemanfaatan dari alat tersebut. remote sensing sendiri dapat membantuk aktivitas dalam bekerja, penelitian, dan aktivitas lainnya. Sistem kerjanya sendiri dapat dilakukan dengan jarak jauh, lalu sensor dipasang pada objek yang akan diteliti dan dianalisis yang kemudian data-datanya diterjemah menjadi suatu informasi. Untuk jenisnya, penginderaan jauh terbagi menjadi dua, yaitu citra foto dan citra nonfoto. Gelombang mikro merupakan salah satu dari beberapa gelombang yang dapat digunakan sebagai media pengindraan jauh. Kita dapat memanfaatkan gelombang mikro dengan menggunakan radar sebagai alat untuk menangkap gelombang mikro.

Dalam guest lecture kali ini berjalan dengan interaktif karena adanya sharing dari mahasiswa dan juga pembicara. Guest lecture yang diadakan oleh Prodi Teknik Informatika ini diharapkan dapat menambah wawasan mahasiswa mengenai microrowave remote sensing dan dapat membantu dalam dunia kerja dikemudian hari.

"Pilar intelektual yaitu bagaimana seseorang memiliki ilmu pengetahuan sehingga ilmu yang digunakan tidak hanya dipahami tetapi juga bermanfaat, dalam hal ini penerapan informasi teknologi yang dapat digunakan oleh masyarakat luas."

Irwan Sjarkawi

Presiden Komisaris PT Bakrie & Brothers Tbk
Testimoni Alumni Informatika

coming up event